Sabtu, 15 Juni 2024
27 C
Surabaya
More
    SultengPolresta Palu Intensif Koordinasi Pengamanan Pilkada 2024

    Polresta Palu Intensif Koordinasi Pengamanan Pilkada 2024

    PALU (Wartatransparansi.com) – Jelang Pilkada 2024, Polresta Palu bersama Polsek jajaran telah mempersiapkan dan menunjukkan kesiapan menjaga keamanan dan ketertiban. Langkah-langkah strategis juga telah disiapkan untuk memastikan pilkada terselenggara dengan aman, tertib, dan damai di seluruh Kota Palu.

    Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah juga berkoordinasi lebih intensif dengan Pemerintah Kota Palu dan TNI serta penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palu. Hal ini terlihat dengan rutin mengadakan rapat koordinasi untuk membahas berbagai aspek keamanan, termasuk distribusi logistik pemilu, pemantauan kampanye, dan antisipasi potensi konflik.

    “Untuk persiapan pilkada, kami akan segera membentuk satuan tugas khusus yang akan berkoordinasi langsung dengan KPU dan Bawaslu (Gakkumdu). Langkah ini untuk memastikan seluruh tahapan Pilkada berjalan sesuai aturan yang berlaku,” kata Barliansyah, Senin (10/6/2024)

    Baca juga :  Asta Siap Acuan Polda Sulteng dalam Pengamanan Pilkada 2024

    Sementara itu, Komandan Kodim 1306 Kota Palu Letkol Inf Rivan Rambudito Rivai juga menyatakan kesiapan TNI membantu Polri dalam pengamanan pilkada.

    “Kami akan menyiapkan personel di setiap titik rawan. “Pengerahan pasukan dilakukan secara strategis untuk menjamin respon cepat jika terjadi keadaan darurat,” jelas Letkol Inf. Rivai.

    Tak hanya itu, Polresta Palu juga telah bekerjasama dengan TNI dalam mengamankan wilayah yang dinilai rawan seperti di Palu Selatan dan Palu Barat, dimana di kedua wilayah tersebut terdapat kantor KPU dan Bawaslu Kota Palu serta Bawaslu Sulawesi Tengah.

    Hal lain yang menjadi barometer kerentanan kedua wilayah adalah luas wilayah yang relatif besar sehingga dapat mempengaruhi tingginya potensi konflik. Karena itulah jauh sebelumnya Polsek di kedua wilayah tersebut sudah menyiapkan strategi pengamanan yang komprehensif.

    Baca juga :  Asta Siap Acuan Polda Sulteng dalam Pengamanan Pilkada 2024

    Seperti Kapolsek Palu Selatan, AKP Velly, pihaknya telah memetakan wilayah rawan dan meningkatkan patroli di titik-titik tersebut.

    “Kami juga melibatkan tokoh masyarakat setempat dan tokoh agama dalam menjaga situasi tetap kondusif. Sosialisasi terus kami lakukan terkait pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama pilkada,” kata Velly.

    Sementara itu, Kapolsek Palu Barat Iptu Makmur Johan, S.sos., menekankan pentingnya sinergitas aparat keamanan dan masyarakat dalam menciptakan suasana pemilu yang damai.

    “Kami mengimbau seluruh warga untuk ikut aktif menjaga keamanan di lingkungan masing-masing dan segera melaporkan apabila ada hal-hal yang mencurigakan,” kata Johan.

    Dengan berbagai persiapan yang dilakukan, Polresta Palu dan Polsek se-wilayah Kota Palu menunjukkan komitmennya untuk maksimal mengawal proses Pilkada 2024. Sinergi antara Polri, TNI, Pemkot, KPU, Bawaslu dan masyarakat diharapkan mampu menciptakan suasana pilkada yang aman, tertib, dan demokratis.

    Baca juga :  Asta Siap Acuan Polda Sulteng dalam Pengamanan Pilkada 2024

    “Kami optimistis dengan kerja sama yang solid dan dukungan seluruh elemen masyarakat, Pilkada Kota Palu 2024 dapat berlangsung aman dan lancar,” pungkas orang nomor satu di Polresta Palu itu. (*)

    Reporter : Rahmat Nur

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan