Sabtu, 15 Juni 2024
29 C
Surabaya
More
    SultengAir Sungai Wentira Digunakan Mencuci Panji-panji Polri di HUT Bhayangkara ke-78

    Air Sungai Wentira Digunakan Mencuci Panji-panji Polri di HUT Bhayangkara ke-78

    PALU (Wartatransparansi.com) – Jelang HUT Bhayangkara ke-78, Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar upacara adat pengambilan air suci yang akan digunakan untuk membasuh Pataka Polda Sulteng “Wira Dharma Brata” yang digelar di Lapangan Polda Sulteng, Jumat (7/6/2024)

    Air sungai Wentira di Kebun Kopi, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah ini dipercaya sebagai salah satu air suci yang nantinya akan ditampung dalam kendi untuk kemudian dibawa ke Mabes Polri untuk dicampur dengan air suci dari berbagai daerah di nusantara untuk mencuci Panji-panji Polri.

    Wakapolda Sulteng Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko yang memimpin langsung kegiatan tersebut menyampaikan pesan Kapolda Sulteng bahwa Upacara Adat tersebut bertujuan untuk memperingati nilai-nilai luhur dan menambah makna peringatan Hari Bhayangkara yang akan diperingati serentak pada tanggal 1 Juli 2024.

    Baca juga :  Polresta Palu Intensif Koordinasi Pengamanan Pilkada 2024

    “Air suci ini bukan sekadar simbol, tapi juga wujud kesucian dan kesetiaan kita dalam menjalankan tugas pokok sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat,” ujarnya.

    Ia juga berpesan kepada seluruh personel Polda Sulteng untuk terus menjaga semangat dan integritas dalam menjalankan tugas serta dedikasi dan profesionalisme demi mewujudkan Indonesia yang aman, damai, dan sejahtera.

    Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol. Djoko Wienartono menjelaskan, Upacara Adat Pengambilan Air Suci ini ditandai dengan penyerahan 2 buah kendi oleh Wakapolda Sulteng kepada 2 personel Satbrimob dan Ditsamapta Polda Sulteng.

    “Satu kendi berisi air suci akan digunakan untuk mencuci Pataka Polda Sulteng “Wira Dharma Brata” dan saru kendi akan dibawa ke Mabes Polri untuk dipadukan dengan air suci dari berbagai daerah di nusantara untuk mencuci panji-panji Polri,” tutupnya. (*)

    Reporter : Rahmat Nur

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan