Sabtu, 15 Juni 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoBupati Ikfina Gandeng Universitas Jatim Ciptakan Inovasi TTG

    Bupati Ikfina Gandeng Universitas Jatim Ciptakan Inovasi TTG

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com)–PemerintahKabupaten Mojokerto menggandeng Universitas di Jawa Timur untuk menggelar workshop teknologi tepat guna (TTG). Upaya ini dimaksudkan agar  sedikitnya 300 tenaga pontesial di  masing-masing desa yang mengikuti kegiatan ini bisa menciptakan inovasi baru yang sesuai dengan potensi di desanya masing-masing.

    Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengajak tiap desa di Bumi Majapahit ini untuk terus berinovasi dengan memanfaatkan potensi yang ada pada desa masing-masing. Oleh karena itu dengan workshop TTG yang dipandu dengan motivator dari universitas di jatim ini,  mampu memberikan inspirasi pada peserta dan mampu menghasilkan inovasi tepat guna yang sesuai dengan potensi di desanya.

    “Saya sudah melihat potensi dari desa masing-masing, nanti kita pikirkan agar sesuai dengan pangsa pasar dan potensi-potensi yang ada,”jelas Bupati Ikfina, saat membuka workshop TTG, di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), Kamis (16/5/2024).

    Bupati Ikfina mengapresiasi para penggiat TTG di desa-desa se-Kabupaten Mojokerto atas inovasi yang telah diciptakan selama ini, termasuk Desa Sumberwulung, Dawarblandong yang telah berhasil menyabet juara pertama perlombaan TTG se-Jawa Timur dan berhak mewakili Provinsi Jatim di perlombaan TTG tingkat nasional.

    “Kemarin saya berkesempatan langsung untuk melihat TTG yang dihasilkan di desa Sumberwulung, yang berhasil mendapatkan juara satu di perlombaan TTG Jawa Timur, ada spinner untuk membuat kripik, alat roasting kopi, pencacah rumput bahkan ada kompor berbahan bakar oli bekas, saya harap nanti ada lagi inovasi – inovasi dari desa lain, termasuk Trawas yang dulu pernah membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa,” bebernya.

    Diketahui untuk Workshop TTG ini diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mojokerto, dengan bertemakan ‘Mengembangkan Potensi dan Peningkatan Produktivitas Ekonomi Desa melalui Teknologi Tepat Guna’.

    Sedangkan untuk pesertanya ialah perwakilan desa terpilih yang memiliki potensi untuk mengembangkan TTG pada desanya. (*)

    Reporter : Gatot Sugianto

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan