Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaPj. Sekdaprov Bobby Hadiri Launching Buku Diplomasi Sang Hiu Kencana

    Pj. Sekdaprov Bobby Hadiri Launching Buku Diplomasi Sang Hiu Kencana

    Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Bobby Soemiarsono menghadiri launching sekaligus bedah buku Diplomasi Sang Hiu  Kencana karya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali di Dermaga Kapal Selam Koarmada II Surabaya pada Sabtu (20/4). 

    Dalam peluncuran buku itu, Pj. Sekda Bobby menerima langsung buku dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali. Ia pun memberikan apresiasinya atas buku yang memberikan pemahaman lebih lanjut tentang makna diplomasi. 

    “Buku ini membuka mata kita soal kekuatan diplomasi yang dimiliki oleh Angkatan Laut kita. TNI AL kita nomor 4 terbesar di dunia dan selalu menjalankan misi diplomasi untuk menjaga keamanan dan ketertiban di laut Indonesia termasuk Jatim di dalamnya,” pujinya. 

    Pj. Sekdaprov Bobby juga menyampaikan bahwa Pemprov Jatim mendukung berbagai bentuk diplomasi sebagai upaya perdamaian sebagaimana dilakukan oleh Kasal beserta jajarannya. 

    “Tentunya kita sepakat bahwa untuk menjaga kerukunan antar wilayah tidak hanya menggunakan kekuasaan dan kekuatan atau power semata, tapi juga melalui soft power, pendekatan yang santun,” tegasnya. 

    Menurutnya, buku ini merupakan autobiografi Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang dikenal atas sepak terjangnya mengadvokasi berbagai kerjasama regional dan internasional  dalam menjaga stabilitas di laut.

    “Dalam peranannya tersebut, Bapak Kasal TNI Muhammad Ali secara konsisten mempromosikan dialog, kerja sama, dan penyelesaian konflik secara damai di  wilayah maritim,” jelasnya. 

    Melalui peran tersebut, Pj. Sekdaprov Bobby optimis bahwa Jatim yang wilayah perairannya strategis dapat mendukung Indonesia untuk menjadi poros maritim dunia. 

    “Hubungan ini harus kita jaga dengan negara-negara yang memiliki kepentingan  ekonomi dan politik di wilayah perairan. Apalagi Jawa Timur ini memiliki prosesi yang strategis. Diplomasi bijaksana dari TNI AL membawa hasil-hasil yang positif dalam memperluas jaringan kerja sama internasional di sektor maritim,” pungkasnya.  (*)

    Reporter : Amin Istighfarin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan