Senin, 29 April 2024
29 C
Surabaya
More
    Jawa TengahSemarangOne Way  Arus Balik Nasional Diterapkan, Menko Muhadjir Imbau Masyarakat  Tetap Patuhi...

    One Way  Arus Balik Nasional Diterapkan, Menko Muhadjir Imbau Masyarakat  Tetap Patuhi Peraturan

    SEMARANG (WartaTransparansi.com) – Pemerintah dan PT Jasa Marga memberlakukan rekayasa lalu lintas one way pada periode arus balik Lebaran di Tol Trans Jawa.

    One way_ diterapkan dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga Km 72 GT Tol Cikopo – Palimanan (Cipali). Skema one way berlaku di Jalan Tol Trans Jawa mulai dari Semarang hingga Cikampek pada hari ini, Sabtu (13/4/2024) mulai pukul 15.00 WIB.

    Penerapan skema _one way_ dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan pemudik yang kembali ke Jakarta dan sekitarnya. Mengingat bahwa saat ini sudah memasuki puncak arus balik yang ditandai dengan peningkatan volume kendaraan.

     “Kita sepakati bahwa mulai hari ini akan kita berlakukan _one way,_ satu jalur dari arah timur Kalikangkung ke Jakarta. Mudah-mudahan semua berjalan lancar,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat membuka secara resmi penerapan rekayasa arus lalu lintas skema satu arah atau _one way_ di Gerbang Tol Kalikangkung, Provinsi Jawa Tengah, pada Sabtu (13/4/2024).

    Menko Muhadjir menyampaikan, upaya satu jalur ini diterapkan untuk memperlancar arus balik, dan menghindari penumpukan kendaraan. Sehingga, Muhadjir meminta kepada seluruh masyarakat yang menggunakan jalan untuk arus balik dapat mematuhi semua aturan yang ada.

    “Saya mohon semua pemudik betul-betul mematuhi apa yang sudah ditetapkan, cek dulu e-tol, BBM nya. Manfaatkan rest area sepanjang perlu dan jangan berlama-lama,” ungkapnya.

    Selain itu, Muhadjir meminta masyarakat supaya tidak memaksakan untuk masuk ke rest area bila penuh. Bila terdesak untuk beristirahat, dia meminta supaya masyarakat bisa ke luar jalan tol untuk beristirahat di kawasan sekitar, dan tidak membahayakan diri dengan berisitirahat di bahu jalan.

    “Sekali lagi jangan sampai parkir di bahu jalan. Kalau rest area sudah penuh sebaiknya keluar ke pintu tol terdekat. Untuk putar-putar sebentar, bisa cari oleh-oleh di sekitar tol, di jalur arteri,” jelasnya.

    Pembukaan penerapan skema _one way_ dilakukan secara simbolis dengan mengangkat bendera oleh  Menko PMK, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, Kakorlantas Irjen Aan Suhanan, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, pj Gubernur Jateng Nana Sudjana.

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan