Minggu, 21 April 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBanyuwangiPerolehan Hasil Suaranya Hilang, Caleg PAN Banyuwangi Menduga Ada Kecurangan

    Perolehan Hasil Suaranya Hilang, Caleg PAN Banyuwangi Menduga Ada Kecurangan

    BANYUWANGI (Wartatransparansi.com) – Salah seorang Calon Legislatif (Caleg) DPRD Banyuwangi nomor 3 dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil 2 Rica Deby Arianti menduga adanya kecurangan dari perhitungan hasil suara miliknya. Dikarenakan hasil perolehan suaranya hilang dan ditemukan setelah hitung ulang terdapat pada salah satu partai lain.

    Dihadapan awak media Rica sapaan akrabnya mengatakan dirinya mengetahui setelah mendapatkan kabar dari saksi Parpol PAN Bagus bahwa di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 011 Desa Kedaleman, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi perolehan suaranya hilang dan ditemukan berada di partai lain, akhirnya Bagus memprotes ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rogojampi untuk diadakan perhitungan ulang selanjutnya di setujui dengan rekomendasi Panwascam.

    Baca juga :  Petugas Lapas Banyuwangi Borong Hasil Karya Warga Binaan

    “Saya terkejut ketika mendapatkan kabar hilang suaranya dan ditemukan di partai lain, saksi memprotes ke PPK lalu di hitung ulang dengan membuka kotak suara TPS 011 Desa kedaleman,” ujarnya, Senin (19/2/2024).

    “Ini saya menduga ada kecurangan pada proses perhitungan hasil suara, dibuktikan kenapa perolehan suara saya berada di partai lain padahal nomor urut sangat jauh. Partai tersebut berada pada urut 1 sedangkan Partai saya nomor 12, kok bisa… ? Ada apa ini..?,” tandasnya.

    Disisi lain saksi Parpol PAN Bagus saat diwawancarai membenarkan adanya perolehan suara yang hilang. Dirinya pun protes ke PPK Rogojampi.

    “Saya melihat ada suara salah satu Caleg dari PAN yang hilang maka saya langsung protes untuk di hitung ulang. Saya melakukan karena saya selaku saksi Parpol PAN jadi harus berani dalam menjalankan amanat,” katanya.

    Baca juga :  Petugas Lapas Banyuwangi Borong Hasil Karya Warga Binaan

    “Saat perhitungan ulang ada saya dari saksi Parpol PAN, Panwascam, PPK Rogojampi, beserta saksi-saksi dari partai lain,” pungkas Bagus.

    PPK Rogojampi Agus Sudiono saat dikonfirmasi wartatransparansi.com melalui aplikasi whats App (WA) menjawab untuk perhitungan perolehan suara Caleg dari PAN di TPS 011 Desa Kedaleman itu dikarenakan faktor kelelahan.

    “Itu sebenarnya, perolehan suara Caleg dari Partai PAN tidak hilang namun hanya dikarenakan faktor kelelahan, semua sudah di perbaiki mas,” Jelasnya. (*).

    Reporter : Nur Muzayyin

    Sumber : Wartatransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan