Sabtu, 13 April 2024
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurPasuruanDPRD Kab.Pasuruan Tak Menjadwalkan PAW Atas 2 Anggotanya Yang Meninggal Dunia

    DPRD Kab.Pasuruan Tak Menjadwalkan PAW Atas 2 Anggotanya Yang Meninggal Dunia

    PASURUAN (WartaTransparansi.com) – Agenda Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kab.Pasuruan, diruang rapat gabungan pada Senin (19/2/24) menitik beratkan pada pembahasan proses PAW (Pergantian Antar Waktu) dua anggota DPRD Kab.Pasuruan yang meninggal dunia, yakni H.Djurianto (Fraksi Gerindra) dan HM Zaini (Fraksi Gabungan – PKS).

    Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kab Pasuruan mengatakan bahwa, untuk agenda PAW atas kedua anggota DPRD tersebut peraturan Gubernur Jawa Timur

    Sesuai dengan amanat UU yaitu PP No. 12 tahun 2018 pasal 112 ayat 3 termaktub, paw anggota DPRD Kota/Kab tidak dapat dilaksanakan apabila sisa masa jabatan anggota DPRD yang digantikan kurang dari 6 bulan. Serta merujuk pada peraturan Gubernur Jawa Timur  No.100.1.4.2/10.13/001.2/2024,bahwa pengajuan/pengusulan PAW anggota DPRD Kota/Kab, disampaikan pada Gubernur Jawa Timur (Biro Kepemerintahan dan Otonomi Daerah) paling lambat pada 1 Februari 2024.

    Baca juga :  Hendak Berlebaran Ke Malang, Mobil Elf Dari Bojonegoro Terbakar

    Sementara itu almarhum H.Jurianto dan almarhum HM.Zaini serta seluruh anggota DPRD Kab.Pasuruan dari hasil Pemilu 2019-2024, segera berakhir pada 21 Agustus 2024 mendatang,”terang Mas Dion Ketua DPRD Kab.Pasuruan.

    Lebih lanjut, artinya jika saat ini partai yang menanungi kedua almarhum (Gerindra dan PKS), jika mengajukan PAW dengan waktu saat ini, bakal tidak kesampaian.

    Ini diakibatkan surat pengajuan hingga penetapan dari Gubernur Jawa Timur, juga butuh proses penelaahan yang memakan waktu minimal 2-3 bulan kedepan, mulai dari kelengkapan administrasinya yang bersangkutan. Maka daripada hal tersebut, pada pembahasan Banmus kali ini,tidak diadakan proses PAW atas keduanya.

    Sementara itu hak-hak legislatif daripada keduanya tetap diberikan pada ahli warisnya yakni uang jasa pengabdian dan untuk gaji tiap bulannya tidak lagi diberikan,”tutup pria yang akan mencalonkan diri sebagai Bupati Pasuruan 2024-2029 pada September mendatang.

    Baca juga :  Selain Di Kecamatan Kraton, Banjir Meluas Hingga Kecamatan Beji

    Seperti diberitakan sebelumnya, pada awal tahun 2024. DPRD Kab.Pasuruan berkabung dikarenakan dua anggotanya yaitu H.Djurianto asal fraksi Gerindra, meninggal pada Sabtu (13/1/24) dan HM.Zaini dari fraksi Gabungan (PKS) berpulang pada Kamis(1/2/24). (*)

    Reporter : Henry Sulfianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan