Kamis, 22 Februari 2024
26 C
Surabaya
More
    OlahragaPiala Asia 2023 Grup D: Ladeni Irak, Timnas Siap Tampil Beda

    Piala Asia 2023 Grup D: Ladeni Irak, Timnas Siap Tampil Beda

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Timnas Indonesia membuka perjuangan pada babak penyisihan grup Piala Asia 2023 dengan melawan Irak. Laga Indonesia vs Irak pada Grup A Piala Asia 2023 berlangsung di Stadion Stadion Ahmad bin Ali, Qatar, Senin (15/1/2024) pukul 21.30 WIB.

    Secara peringkat FIFA, Indonesia jauh di bawah Irak. Merah Putih menempati posisi ke-146 dan Irak ada di urutan ke-63 dunia. Kedua tim juga mencatatkan rapor berbeda dalam lima pertandingan terakhir menjelang Piala Asia 2023.

    Indonesia tanpa kemenangan dalam lima laga terakhir dengan rincian empat kekalahan dan satu hasil imbang. Salah satu kekalahan dialami Indonesia saat melawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada November 2023.

    Indonesia kalah telak 1-5 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Internasional Basra.

    Satu-satunya gol Garuda dicetak oleh pemain belakang, Shayne Pattynama. Tiga kekalahan lainnya didapat Indonesia pada laga uji coba menjelang Piala Asia 2023 melawan Libya (0-4, 1-2) dan Iran (0-5).  Sementara, satu hasil imbang didapat saat bertamu ke markas Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan skor 1-1.

    Meskipun diremehkan, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menjanjikan Tim Merah Putih bakal menampilkan performa berbeda pada saat menjalani laga pembuka Piala Asia 2023 (2024) melawan Irak, Senin (15/1).

    “Sebelum main lawan Irak dan bermain di sana [pada November 2023], kondisi kami mengerikan. Waktu itu ada Piala Dunia U-17 di Indonesia dan jadwalnya tidak menguntungkan kami. Kami harus menjalani perjalanan jauh, kami tidak punya waktu untuk bersiap melawan Irak, tetapi kami mengakui kekalahan besar dari Irak,” kata Shin mengingatkan soal persiapan Timnas Indonesia sebelum berlaga melawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026.”Masih tidak ada waktu yang cukup bagi kami untuk bersiap sejauh ini, tetapi saat ini kami akan menampilkan performa yang berbeda. Saya tidak akan menyebut hasil yang pasti, tetapi Anda bisa berharap lebih [baik] dibandingkan hasil kekalahan lawan Irak sebelumnya,” ujar Shin dalam konferensi pers yang dipantau melalui YouTube Piala Asia, Minggu (14/1).

    Shin menyebutkan pula persiapan lebih matang sudah dilakoni Timnas Indonesia dan bakal memberi pengaruh terhadap kesiapan pemain. “Kami sudah bersiap dari jauh-jauh hari, kami berusaha untuk menjalani laga yang akan kami hadapi dan lawan yang akan kami hadapi besok sudah pernah kami temui di Kualifikasi Piala Dunia,” ucapnya. “Kami tahu Irak adalah tim kuat, tetapi saya tidak memiliki pikiran negatif soal hasil sampai wasit meniup peluit panjang setelah 90 menit,” papar Shin.

    Terpisah, kubu Irak tetap mewaspadai timnas Indonesia. Gelandang Irak, Osama Rashid, tak merasa laga ini akan lebih mudah untuk timnya meski sudah mendominasi permainan di pertemuan sebelumnya. “Ini akan menjadi pertandingan yang sangat sulit. Kami telah melawan mereka di Basra (Irak) dan menang 5-1. Ini sedikit berbahaya karena mudah untuk berpuas diri dan mereka juga mengenal kami dengan baik sekarang,” ucap Rashid, dikurip dari AFC.

    “Kami tidak berpikir ini akan mudah. Kami harus sepenuhnya fokus karena di Basra, kami bermain melawan mereka dan kami menang karena bertahan dengan sangat baik,” ujarnya. (*)

    Reporter : samuel

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan