Dengan adanya pola pemberdayaan semacam ini dapat mempromosikan produk IKM sekaligus menggeliatkan roda ekonomi anggotanya. IKM harus terus melakukan inovasi dan pemberdayaan untuk mengembangkan usahanya.
Apa yang telah dilakukan para pelaku IKM merupakan salah satu wujud dukungan ketahanan ekonomi nasional maupun persaingan bisnis era digital yang mengglobal. IKM mengajak semua pihak untuk bergerak mempersiapkan produk-produk unggulan daerah. Apalagi produk lokal IKM terbukti diminati pasar luar daerah bahkan mancanegara.
“Hal ini menunjukkan potensi produk kita begitu kuat dan perlu dikembangkan, sehingga memiliki nilai tambah,” ungkap Baikuni. Gerakan inisiasi seperti pendirian Kedai IKM yang diinisiasi Forum IKM Magetan bertujuan saling mengenalkan, saling menjualkan, dan saling menguatkan, demi keterwujudan IKM naik kelas dan semakin dikenal produknya. (*)