Jumat, 24 Mei 2024
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurPasuruanSejumlah Kepala Dinas di Kabupaten Pasuruan Diduga Kuat Jadi Timses Caleg DPR...

    Sejumlah Kepala Dinas di Kabupaten Pasuruan Diduga Kuat Jadi Timses Caleg DPR RI

    PASURUAN (WartaTransparansi.com) – Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam konstestasi Pemilu, diwajibkan untuk netral dan tidak berpihak pada salah satu caleg baik tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga pusat. Pun demikian pula dengan pendukungan terhadap calon presiden.
    Namun tidak demikian dengan yang ada di Kabupaten Pasuruan. Diduga kuat sejumlah kepala Dinas dan ASN, secara implisit telah memberikan dukungan serta ajakan memenangkan salah satu calon legislatif tingkat pusat atau DPR RI.
    Informasi yang didapat WartaTransparansi.com, pertemuan antara caleg DPR RI yang dilakukan di salah satu rumah makan yang berada di wilayah kecamatan Purwosari akhir pekan kemarin dibalut  rapat serta para pesertanya diwajibkan memakai baju polos.
    Ketika hal ini dikonfirmasikan pada Pj Bupati Pasuruan Andriyanto, Rabu(2/1/24) atas goyahnya ASN dijajaran Pemkab Pasuruan pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang, pihaknya sangat menyayangkan kejadian tersebut.
    Sejumlah Kepala Dinas di Kabupaten Pasuruan Diduga Kuat Jadi Timses Caleg DPR RI
    Arie”Oen” Yunianto Ketua Bawaslu Kab.Pasuruan

    Baca juga :  Kajari Kab.Pasuruan Promosi Jabatan Aspidum Kejati Jambi,Teguh Ananto Pegang Tongkat Kajari Kab.Pasuruan

    “Jika kejadian tersebut benar adanya, maka saya sangat kecewa dan hal tersebut merupakan pelanggaran kategori berat bagi seorang ASN,” tegasnya.
    Dia menegaskan, informasi ini akan kami telusuri dan akan segera kami tindaklanjuti. Sejatinya saya pribadi telah lama mendengar isu ASN di Pemkab Pasuruan secara kamuflase mendukung dan mengarahkan agar mencoblos salah satu caleg DPR RI pada Pemilu mendatang.
    Namun demikian pihaknya belum mengetahui secara kasat mata atas hal tersebut, akan tetapi sekali lagi sudah dapat dirasakan keberadaannya. Kami selaku pimpinan ASN Pemkab Pasuruan, berharap dan meminta agar pihak Bawaslu juga segera menindaklanjuti kebenaran informasi ini. Ini tupoksi Bawaslu. jelasnya.
    Jika nantinya Bawaslu telah mendapatkan alat bukti otentik, maka pihaknya akan segera melakukan pembinaan dan menjatuhkan sanksi sesuai aturan perundangan yang berlaku.
    Kami juga kembali mengingatkan agar ASN dilingkungan Pemkab Pasuruan untuk bersikap netral pada pelaksanaan pemilu mendatang,”pungkas Pj Bupati Pasuruan.
    Sementara itu ditempat terpisah, Arie “Oen” Ketua Bawaslu Kab.Pasuruan menyatakan, sedang mendalami informasi yang berkembang dan di duga kuat diikuti oleh ASN lingkungan Pemkab Pasuruan dari 24 Kecamatan.
    Saat ini rekan-rekan Bawaslu sedang mendalami informasi tersebut dan sedang pulbaket (pengumpulan barang bukti dan keterangan). Pihak Bawaslu Kab.Pasuruan juga telah memerintahkan jajaran Panwascam se Kab.Pasuruan untuk lebih intens melakukan pengechekan di wilayahnya, jika ada dugaan ASN ikut cawe-cawe atau menjadi tim sukses caleg maupun capres.
    “Kepada Panwascam Purwosari untuk segera melakukan penulusuran dilapangan. Adapun nantinya hasil pulbaket akan kami bahas secara internal, guna untuk dilakukan langkah lanjutan yang sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku,”beber mantan Ketua PWI Pasuruan ini. (*)

    Reporter : Henry Sulfianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan