Kamis, 29 Februari 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanForum IKM Minta Pemkab Magetan Serius Data IKM Dan UKM

    Forum IKM Minta Pemkab Magetan Serius Data IKM Dan UKM

    MAGETAN (Wartatransparansi.com) –Selama ini data mengenai Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Magetan masih simpang siur.Belum ada data base yang jelas berapa jumlah dan kegiatan dari kedua pelaku usaha tersebut.

    Hal ini disampaikan oleh Ketua Forum IKM Magetan ahmad Baiquni saat dikonfirmasi media yang merasa kebingunan akan ke validan data, baik dari Dinas perindustrian maupun Dinas Koperasi dan UMKM.” Kita kesulitan mengakses dan mengetahui jumlah riil IKM dan UKM di Magetan,” silahkan tanya dinas dinas terkait mas terkait data riilnya ujar Baiquni.

    Menurutnya data ini penting guna pembinaan dan pengembangan pelaku IKM maupun UMKM.Bagaimana kita mengetahui, apa yang dibutuhkan, bagaimana pengembangan, apa keinginan mereka jika kita tidak berdasarkan basis data yang jelas dan riil.

    Baca juga :  Empat Desa Di Lembeyan Keluhkan Aliran Sungai Tersumbat Akibat Pembuangan Limbah Perusahaan Cucian Pasir

    Potensi kerajinan tangan yang dihasilkan oleh masyarakat dianggap cukup banyak dan unik terutama yang bersifat khas daerah. Namun, yang menjadi kendala terkait pemasaran produk tersebut masih sangat sulit.

    Data riil yang dimaksud mestinya ada, berapa yang benar benar sudah di survey, dimana lokasi, produk yang dihasilkan, serta potensi untuk dilakukan pembinaan.

    Harapan dari pelaku IKM dan UKM adalah bagaimana anggaran dari pemerintah itu bisa tepat sasaran untuk pengembangan pelaku usaha tersebut demi Magetan lebih baik. (*)

    Reporter : Rudy Ardi

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan