Rabu, 19 Juni 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBlitarGubernur Khofifah Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda di Blitar

    Gubernur Khofifah Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda di Blitar

    BLITAR (Wartatransparansi.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memilih Kabupaten Blitar sebagai tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023, Sabtu (28/10).

    Dilaksanakan di Alun-Alun Kanigoro Blitar, Gubernur Khofifah menegaskan bahwa ada pemuda luar biasa di Blitar yang berperan besar dalam proses perjuangan pra kemerdekaan . Pemuda asli Blitar bernama Soekarni Kartodiwirjo.

    Soekarni diketahui adalah pencetus usulan  naskah kemerdekaan RI yang  ditandatangani Soekarno-Hatta dengan atas nama bangsa Indonesia. Ditegaskan Gubernur Khofifah bahwa Soekarni Kartodiwirjo adalah pemuda kelahiran Blitar pada 14 Juli 1916.

    “Hari ini kita menggelar upacara Hari Sumpah Pemuda di Kab Blitar. Kita ingin nafas keteladanan, perjuangan, kepahlawanan bisa tersampaikan dan diikuti keteladanannya. Bahwa tokoh muda pejuang kemerdekaan dari Blitar selain tokoh proklamator Bung Karno, ada juga Soekarni,” tegas Gubernur Khofifah.

    Baca juga :  Tantang Incumbent di Pilkada Kabupaten Blitar, Tjuktjuk Sunario All Out

    Sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan Blitar masa kemerdekaan, Gubernur Khofifah didampingi Wakil Gubernur Emil dan Sekdaprov Jatim Adhy Karyono memberikan penghargaan kepada salah satu keponakan pejuang kemerdekaan Soekarni yang diterima langsung oleh keponakan beliau..

    Kemudian, Gubernur Khofifah menyematkan PIN, menyerahkan piagam penghargaan serta uang pembinaan Rp 10.000.000 kepada 7 pemuda.

    Masing-masing, Bidang pengembangan kesadaran Abdul Rozak Kab. Sampang, Bidang pengembangan kecakapan Alfin Nurul Firdaus Kab. Pasuruan, Bidang Pemberdayaan Ekonomi M. Najih Islahuddin, Bidang Khusus – Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Aloysia Dian Nimas Prameswari Kota Surabaya, Bidang Khusus – Ekonomi Ramah Lingkungan Slamet Riyadi, Kab. Probolinggo, Pemuda Inspiratif Abhi Praya Ifander Rafi (Kota Surabaya dan Bidang Khusus – Teknologi Pemberdayaan Desa Bagas Yudhoyono Purwanto, Kab. Malang, serta Pemuda Utama Terbaik Tahun 2023 Bagas Yudhoyono Purwanto Kab. Malang.

    Baca juga :  Akibat Selingkuh, Notaris Blitar Dilaporkan Istrinya ke Pihak Berwajib

    Di Blitar , Gubernur Khofifah juga menyerahkan piala dan penghargaan kepada 12 pemuda pelopor tingkat provinsi Jatim di bidang pendidikan, bidang agama sosial dan budaya, pengelola Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata, bidang pangan serta bidang inovasi teknologi. Selain piagam dan penghargaan, turut disershkan uang pembinaan masing-masing juara 1 Rp. 10.000.000, juara 2 Rp. 7.500.000 dan juara 3 Rp. 5.00.000.

    Pemenang Pemuda Utama Terbaik tahun 2023 Bagas Yudhoyono Purwanto asal Kabupaten Malang mengucapkan rasa senangnya telah diberikan penghargaan bidang teknologi informasi pada seremonial upacara Hari Sumpah Pemuda tahun ini.

    “Terima kasih Ibu Khofifah karena dengan adanya event ini menjadi wadah kami untuk mengkreasikan dan menumbuhkan inovasi serta prestasi kami, dan untuk membawa Jawa Timur bangkit kedepannya lagi,” katanya.(*)

    Reporter : Nanang Machalani

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan