Sabtu, 24 Februari 2024
28 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaMomentum Hari Pahlawan, DPRD Surabaya Akan Gedog APBD

    Momentum Hari Pahlawan, DPRD Surabaya Akan Gedog APBD

    SURABAYA (Warta Transparansi.com) – DPRD dan Pemkot Surabaya mulai membahas RAPBD (Rancangan Angaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tahun 2024. Yang ditandai dengan penyerahan nota keuangan oleh wali kota Surabaya kepada pimpinan DPRD Surabaya, dalam rapat paripurna pada Selasa (17-10-2023).

    Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono menyatakan, dalam pembahasan RAPD kota Surabaya, nantinya akan dilakukan pada tiap komisi. Dijadwalkan tuntas dan disahkan menjadi APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tahun 2024 pada 10 November 2023, sebagai tonggak sejarah perjuangan arek-arek Surabaya.

    “Kita akan memakai kostum pejuang, sebagaimana tradisi untuk mengkhidmati Hari Pahlawan,” ujarnya.

    Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini juga mengatakan, alasan penetapan APBD tanggal 10 November 2023, supaya ada jeda waktu untuk menata alokasi anggaran. Yang kemudian dieksekusi pada Januari 2024.

    Baca juga :  Dinas SDABM segera Tuntaskan 245 Titik Banjir di Surabaya

    “Nilai APBD tahun 2024 direncanakan Rp 10,8 milyar. Sesuai KUA PPAS (Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara) yang sudah disepakati bersama,” unkapnya.

    Adi menegaskan bahwa pos-pos alokasi belanja di APBD tahun 2024 tidak berubah. Seperti anggaran pendidikan sebesar 21 persen dan anggaran kesehatan sebesar 21 persen.

    Ditempat yang sama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, selain anggaran pendidilan dan kesehatan, APBD tahun 2024 juga menganggarkan untuk penanggulangan kemiskinan, pencegahan kematian ibu dan anak, ditambah Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Ia berharap APBD tahun 2024 nantinya bisa bermanfaat untuk warga kota Surabaya.

    “Anggarannya sekitar Rp 3 triliun untuk pengentasan kemiskinan. Berdasarkan data BPS, angka kemiskinan kita yang awalnya 5,7 persen sekarang 4,3 persen,” pungkasnya.(*)

    Reporter : Sumardji

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan