Sabtu, 18 Mei 2024
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaSemarak Agustusan Penghuni Liponsos Keputih Surabaya

    Semarak Agustusan Penghuni Liponsos Keputih Surabaya

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Para penghuni di UPTD Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih Kota Surabaya ikut menyemarakkan Agustusan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78, Selasa (8/8/2023). Lomba bakiak dan balap karung yang digelar oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya diikuti oleh para Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dirawat di tempat tersebut.

    Pada kesempatan tersebut, suasana perlombaan menjadi heboh dan meriah. Para peserta saling menampakan keceriaannya, mereka sangat antusias mengikuti perlombaan. Bahkan, para peserta lomba saling memberikan semangat kepada peserta lainnya.

    “Dalam rangka merayakan 17 Agustus (HUT ke-78 RI), semua warga Negara Indonesia termasuk ODGJ yang ada di Liponsos Keputih ini dengan kategori tertentu, kita ikutkan lomba. Sebab, mereka memiliki semangat yang sama dengan kita,” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya, Anna Fajriatin.

    Baca juga :  Kurang Puas Penataan Kota Lama, Eri Minta Perbaikan

    Anna menjelaskan, kegiatan perlombaan tersebut diikuti oleh 100 hingga 200 ODGJ dengan kategori yang bisa dikendalikan, yakni mereka berasal dari barak D dan E. Mereka diikutsertakan secara bergilir dalam setiap kategori perlombaan mulai 7-9 Agustus 2023.

    “Kita sudah mengatur jenis perlombaan, dimana setiap sore ada kegiatan lomba. Itu adalah salah satu bentuk penyembuhan. Lomba ini bagian dari aktivitas mereka, karena sebetulnya mereka harus diajak beraktifitas,” jelasnya.

    Selain untuk meningkatkan semangat kemerdekaan, Anna menyampaikan bahwa para penghuni Liponsos Keputih Surabaya juga memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

    “Mereka juga bisa melakukan hal yang sama dengan kita. Mereka dulu adalah orang yang sama dengan kita, kemudian dengan kondisi tertentu, saat ini mereka ada sedikit gangguan. Tapi dia punya rasa nasionalisme yang kuat juga,” ujar dia.

    Baca juga :  Pemkot Kebut Perbaikan Saluran Air di Perkampungan Surabaya

    Selain di Liponsos Keputih Surabaya, Dinsos Surabaya juga mengadakan gelaran menyambut HUT ke-78 RI di Griya Werdha bagi para lansia, serta di Kampung Anak Negeri atau Liponsos Kalijudan Surabaya bagi anak-anak berkebutuhan khusus. “Jadi seluruh warga yang ada di UPTD, kami ikutkan untuk lomba 17 Agustus,” kata dia.

    Kemudian, Anna mengaku, selain menyemarakan Agustusan, Dinsos Surabaya berharap bisa segera melaunching Cuci Motor Keliling, yaitu jasa cuci kendaraan yang akan dilakukan oleh para penghuni Liponsos Keputih Surabaya. Sedangkan untuk alat-alat yang diperlukan, telah dibantu oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

    “Amanah dari pak Wali Kota (Eri Cahyadi) bahwa kita punya E-peken. Di seluruh UPTD kami sudah punya E-peken, nanti cuci motor masuk ke E-peken dengan bentuk jasa cuci motor. Insyaallah dalam waktu dekat ini, dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan,” ungkap dia.

    Baca juga :  Waspada Risiko Penularan DBD di Kota Surabaya

    Nantinya, Dinsos Surabaya akan memperkenalkan jasa cuci motor tersebut di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terlebih dahulu. Yaitu menyasar kantor Dinsos Surabaya, puskesmas, hingga kantor kelurahan dan kecamatan.

    “Kami akan mendampingi, sementara di area lingkup OPD Pemkot Surabaya karena kita harus memperkenalkan ini di lingkungan Pemkot Surabaya. Nantinya, hasil dari jasa cuci motor tersebut akan masuk ke dalam tabungan mereka,” katanya. (*)

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan