Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    LifeStyleKhofifah Nikmati Gili Iyang, Pulau Dengan Oksigen Kedua Tertinggi di Dunia

    Khofifah Nikmati Gili Iyang, Pulau Dengan Oksigen Kedua Tertinggi di Dunia

    Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut Jawa Timur
    memiliki banyak destinasi wisata kelas dunia yang tidak dimiliki banyak negara.

    Karenanya, Khofifah berharap berbagai potensi tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendatangkan banyak pendapatan bagi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    Khofifah mencontohkan, di Kabupaten Banyuwangi ada Kawah Ijen yang merupakan danau air asam terbesar di dunia. Ditambah adanya fenomena blue fire yang hanya ada dua di dunia, yaitu di Islandia dan Kawah Ijen.

    Selain itu, ada juga Gunung Bromo dimana, kata Khofifah, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam berupa kawah Bromo, yang dilengkapi dengan kawasan pegunungan dan perbukitan, serta hamparan padang savana yang indah.

    Tidak berhenti disitu, di Sumenep ada Gili Iyang yang dinobatkan sebagai tempat dengan oksigenterbaik kedua di dunia setelah Laut Mati di Jordania. Pantainya juga cantik, dan ada wisata gua juga.

    Baca juga :  Sutradara Film “Malam Pencabut Nyawa” Ungkap Alasan Ganti Judul Baru

    Konon, tingginya oksigen di Gili Iyang disebut menjadi salah satu faktor yang membuat warga Gili Iyang berumur panjang dan awet muda,imbuhnya.

    Menurut Khofifah, dengan berbagai potensi tersebut pemerintah daerah juga dituntut kreatif dalam menjadikan destinasi wisata tersebut semakin menarik dan tidak membosankan. Kolaborasi dengan berbagai pihak seperti akademisi, pelaku usaha hingga komunitas perlu dilakukan, termasuk mempromosikan destinasi tersebut melalui pelaksanaan event.

    Jawa Timur juga punya banyak desa wisata yang menawarkan pengalaman yang otentik. Nah, kapasitas SDM pariwisata ini juga harus ditingkatkan agar tidak kaget" saat tiba-tiba dibanjiri wisatawan dalam dan luar negeri, tuturnya.

    Pariwisata memiliki multiplier effect yang besar karena bisa membangkitkan ekonomi berkali lipat.

    Baca juga :  Teman Khayalan di film “IF: Imaginary Friends” yang Sering Dilupakan

    Maka dari itu, Saya berharap Pemerintah Daerah memperbanyak event-event pariwisata guna meningkatkan jumlah kunjungan. Sehingga mampu menggerakkan roda perekonomian lebih kencang lagi, tambah dia.

    Wisata Jelajah Perut Bumi

    Sementara itu, dalam kunjungannya ke Gili Iyang Sumenep, Senen (4/7) Khofifah yang didampingi Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah mengunjungi Goa Mahakarya di Dusun Ra Timur Desa Banraas. Gua alami hasil karya semesta ini menghadirkan pesona bebatuan stalaktit dan stalagmit yang unik dan indah.

    Pintu masuknya sudah memberi rasa, harus menundukkan kepala hingga sembilan puluh derajat, begitu masuk ke dalam subhanallah indah sekali. Bagi yang menyukai aktivitas menjelajahi perut bumi, sayang banget kalau melewatkan untuk datang ke gua ini," tuturnya.

    Baca juga :  Mampir Dulu Ke Kampung PIA Gempol, Rasanya Aroma Juara

    Sebagai informasi, Gua Mahakarya ini memiliki luas 800 meter persegi dengan lima pintu ruang di dalamnya. Gua ini menyajikan pemandangan batu kaca yang elok serta percikan air yang dipercaya masyarakat setempat khasiat yang bisa membuat awet muda.

    Gua Mahakarya dikenal dengan nama Gua Celeng karena dahulu gua tesebut menjadi tempat persembunyian hewan celeng atau babi hutan.

    Gili Iyang juga punya Betoh Cangge alias Batu Canggah, destinasi wisata lain yang lumayan menguji adrenalin. Tapi sesampainya disini maka semua itu terbayar dengan pemandangan luar biasa. Ayo ke Gili Iya ajak Khofifah mengakhiri. (hidayati firli)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan