Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurPasuruanKA Commuter Lokal Daops 8 Alami Perubahan

    KA Commuter Lokal Daops 8 Alami Perubahan

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – KAI Commuter selaku operator Kereta Api Lokal di Wilayah 8 Surabaya akan memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api atau disingkat GAPEKA 2023 pada 1 Juni 2023 nanti. Pada GAPEKA 2023 ini terdapat perubahan dan penyesuaian yang perlu diketahui oleh seluruh pengguna kereta api khususnya di Wilayah 8 Surabaya dan sekitarnya.

    Pada GAPEKA 2023 terdapat perubahan nama, waktu tempuh perjalanan kereta dan pola perubahan operasi. Pengguna diharapkan melakukan penyesuaian atas perubahan dan penyesuaian yang ada. Sebutan Kereta Api Lokal/Lokalan, Ekonomi Lokal, Komuter/KRD akan berganti menjadi “Commuter Line”.

    Untuk perjalanan kereta akan ada peningkatan yakni pada waktu tempuh perjalanan. Rata-rata waktu tempuh perjalanan Commuter Line di wilayah 8 Surabaya akan semakin singkat dengan waktu kurang lebih 5 menit.

    Baca juga :  Tak Mampu Naikan Kursi di DPRD, Ketua PKB Kab. Pasuruan Mendadak Mundur

    Pada GAPEKA 2023 ini terdapat perubahan dan penyesuaian diantaranya :

    1. KRD Komuter Bangil semula Surabaya-Bangil menjadi Commuter Line Supas relasi Surabaya-Pasuruan dari 3 PP perjalanan menjadi 4 PP perjalanan.
    2. Komuter Lamongan semula Surabaya Pasarturi-Lamongan menjadi Commuter Line Arjonegoro (gabungan Komuter Lamongan dan Ekonomi Lokal Bojonegoro) relasi Surabaya Pasarturi-Babat dengan jumlah 10 perjalanan.
    3. Commuter Line Jenggala perjalanan berubah menjadi relasi Surabayakota-Mojokerto 1 PP Perjalanan dan Mojokerto-Tarik-Sidoarjo dari 2 PP perjalanan menjadi 3 PP perjalanan.
    4. Commuter Line Penataran dan Commuter Line Dhoho perjalanan berakhir di Stasiun Blitar dengan tidak memutar lagi, pengguna melakukan transit di tersebut. Jumlah perjalanan Commuter line Dhoho sebelumnya 4 PP menjadi 5 PP perjalanan perhari, sedangkan Commuter Line Penataran tidak berubah dengan 4 perjalanan PP perhari.

    Baca juga :  Persyaratan Dukungan yang Berat Jadi Pertimbangan Nihilnya Calon Perseorangan

    Khusus pola perubahan rangkaian Commuter Line Penataran dan Commuter Line Dhoho di Stasiun Blitar dengan tidak memutar lagi. Perubahan ini kedepannya bertujuan untuk meningkatkan frekuensi perjalanan yang sejalan dengan pembangunan double track Mojokerto-Sepanjang.

    Diharapkan pengguna mengatur kembali jadwal perjalanan yang mengalami perubahan pada seluruh Commuter Line yang beroperasi di Wilayah 8 Surabaya dan sekitarnya di 1 Juni 2023, agar tidak salah naik dan salah jadwal perjalanan. Jadwal perjalanan Commuter Line baru dapat dilihat melalui *KAI Access* berikut dengan reservasi dan pembelian tiketnya.

    Pada pelaksanaan GAPEKA 2023 ini, KAI Commuter akan mengoperasikan 3 stasiun baru untuk para pengguna naik dan turun, stasiun-stasiun tersebut diantaranya Stasiun Ngujang, Stasiun Purwoasri dan Stasiun Pakisaji.  Untuk Stasiun Tanggulangin tetap melayani naik dan turun pengguna.

    Baca juga :  Koalisi Jurnalis Pasuruan Tolak Revisi UU Penyiaran

    Sebagai transportasi angkutan massal berbasis rel, tentunya KAI Commuter dan KAI khusus Wilayah 8 Surabaya dan sekitarnya akan memaksimalkan pelayanan dengan melakukan _improvement_ agar pengguna dapat langsung merasakan perubahan-perubahan yang ada.

    KAI Commuter berharap dengan diberlakukan GAPEKA baru per 1 Juni 2023 nanti, dapat memberikan impact untuk semua khalayak, tidak hanya pengguna namun juga calon pengguna kereta api dan khalayak luas pada umumnya.

    Untuk informasi terupdate terkait penyesuaian-penyesuaian dapat melalui akun sosial media resmi @commuterline atau kontak center 021 121,”papar Anne Purba VP Corporate Secretary KAI Commuter pada rilisnya dihadapan insan pers. (hen)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan