Sabtu, 22 Juni 2024
31 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanKetua DPW PAN Jatim: Sikap Tegas Kapolri Naikan Kepercayaan Publik

    Ketua DPW PAN Jatim: Sikap Tegas Kapolri Naikan Kepercayaan Publik

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Ketua DPW PAN Jawa Timur  Ahmad Rizki Sadig memberikan apresiasi atas meningkatnya tren kepercayaan publik terhadap Polri.

    “Kepercayaan publik terhadap lembaga Polri sudah mulai bagus yakni diangka 70,8 persen,” ungkap anggota Komisi l DPR Achmad Rizki Sadig di Surabaya Rabu (29/3/2023)

    Sebagaimana diketahui lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis bahwa tingkat kepercayaan terhadap lembaga negara, salah satunya Polri pada periode Februari-Maret 2023, dimana tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga Polri mencapai 80,8 persen.

    Rizki Sadig yang juga Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur menjelaskan meningkatnya kepercayaan publik merupakan buah konsistensi dan ketegasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam menegakkan etika profesi kepolisian dan hukum terhadap perwira dan anggota Polri.

    Baca juga :  Pemprov Jatim dan Denmark Bahas Kerjasama Bidang Perkapalan, Perikanan dan Energi Terbarukan

    “Publik melihat bahwa Kapolri dan jajarannya tidak bersifat defensif dengan menutupi perwira dan anggota Polri yang melakukan pelanggaran,” kata Sadiq, anggota DPR yang berangkat dari Dapil Jatim Vl ini.

    Menurut Rizki, sikap tegas Kapolri ini memberikan pemahaman ke publik bahwa tak ada lagi polisi yang kebal hukum, dan upaya Polri untuk berada dekat dengan masyarakat juga direspons positif oleh masyarakat.

    Rizki menilai Kapolri Listyo Sigit mempunyai road map yang jelas dalam memperbaiki institusi Polri, meskipun harus mengambil risiko.

    “Namun, yang harus menjadi perhatian institusi Polri, kepercayaan publik ini bisa kembali ke posisi kurang baik bila konsistensi untuk bersikap tegas pada anggotanya yang terlibat pelanggaran kembali menurun,” tandasnya.

    Baca juga :  Tahun 2024 Semua Layanan Publik Jatim Diharap Naik Status Menjadi A

    Selain itu, lanjut Rizki, transparansi dan profesionalisme juga harus terus secara konsisten diupayakan oleh Polri.

    “Sebab masyarakat berharap polisi lebih humanis dan netral, tidak terkooptasi kepentingan politik praktis dan kekuasaan,” ujarnya. (min)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan