Senin, 27 Mei 2024
29 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriPuluhan Masyarakat Melaksanakan Aksi Sosial Kawasan Hutan Mahoni di Gunung Wilis

    Puluhan Masyarakat Melaksanakan Aksi Sosial Kawasan Hutan Mahoni di Gunung Wilis

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Komunitas KediriBenResik dan Yayasan Hijau Daun Mandiri mengadakan giat bersih-bersih di kawasan hutan mahoni di Desa Pohsarang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri, Sabtu (11/3/2023).

    Kawasan lokasi kegiatan yang merupakan bagian dari Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pojok Perhutani Kediri ini, dipenuhi oleh pohon Mahoni di Gunung Wilis Kediri. Turut juga hadir 50 relawan dari berbagai komunitas, LMDH, Perhutani Kediri, Polsek Semen Polres Kediri, Bhabinsa Pohsarang, Relawan Nusantara Rumah Zakat, Brigade Penolong, ARMI, Mapala Pelita.

    Ketua Yayasan Hijau Daun Mandiri Endang Pertiwi, menyampaikan, kegiatan di lokasi KKJ sudah 4 kali ini di lakukan. Secara periodik komunitasnya selalu mengecek lokasi tempat tempat wisata dalam wilayah hutan baik di wilayah Gunung Kelud maupun Gunung Wilis.

    Baca juga :  Tampil Memukau, Kontingen PT Gudang Garam Pikat Perhatian Masyarakat Surabaya

    Terlebih kawasan hutan kini makin diminati oleh masyarakat sebagai tempat berwisata namun menyisakan permasalahan sampah.

    ” Kami khawatir akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan pohon. Dimana banyak wisatawan belum sadar bagaimana mengelola sampahnya sendiri. Banyak sampah bertebaran dan terbuang hingga seolah hutan sebagai tempat sampah. Ini dapat gampang kita temui mulai dari limbah popok anak, kemasan makanan ringan, plastik, maupun tas kresek bertebaran,” ujarnya.

    Sementara itu, Ketua komunitas KediriBenResik Arik Charista, mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian sekaligus keresahan masyarakat akan kondisi kawasan hutan mahoni di Gunung Wilis khususnya terhadap maraknya peredaran sampah.

    Banyak sampah yang sudah terpendam di dalam tanah, hingga sudah menjadi lapisan yang dapat menggangu pertumbuhan pohon mahoni.

    Baca juga :  Usung Kisah Hujung Galuh Surya Kirana Churabaya, PT Gudang Garam Kembali Meriahkan Parade Surabaya Vaganza 2024

    ” Kita berhasil mengumpulkan sampah 255 kilogram atau 2,55 kwintal, yang terdiri dari 100 % sampah residu,” terangnya.

    Terpisah, Asper BKPH Kediri, Bagyo Trihandoyo, menambahkan, kegiatan semacam ini sangat menginspirasi, dan berharap kerjasama dengan komunitas terus berlanjut untuk ikut menjaga lingkungan, bumi dan hutan.

    “Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada seluruh team yayasan dan komunitas karena telah melakukan kegiatan yang luar biasa ini,” ungkapnya. (Abi)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan