Sabtu, 20 April 2024
32 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoSuksekan Pemilu 2024, Ning Ita Minta Parpol Jaga Kondusifitas

    Suksekan Pemilu 2024, Ning Ita Minta Parpol Jaga Kondusifitas

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) – Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengajak partai politik untuk berpartisipasi dalam menjaga kondusifitas sosial-politik di masyarakat. Mengingat, di tahun 2024 akan berlangsung pesta demokrasi serentak.

    Menurutnya, dalam penyelenggaraan Pemilu harus ada kesiapan dari berbagai pihak. Tidak hanya instansi penyelenggara, tapi masyrakat juga diharapkan ikut terlibat menyukseskan hajat lima tahunan itu.

    “Termasuk parpol, yang juga bagian dari masyarakat. Tentu teman-teman partai politik disini ingin pemilu berjalan dengan sukses,” ungkap wali kota kepada 100 pengurus parpol di Sabha Mandala Madya Kakntor Pemkot Mojokerto, Kamis (26/1/2023).

    Perlu diketahui, pesan wali kota dalam forum Bimtek Bantuan Keuangan partai Politik ini sebagaimana instruksi Presiden Jokowi dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda beberapa waktu lalu.

    Baca juga :  Antisipasi Stok Darah Menipis, Karyawan Pemkot Mojokerto Gelar Donor Darah 

    Di tahun 2024 dijadwalkan akan berlangsung pemilu serentak sebanyak dua kali. Pada bulan Februari akan dilaksanakan pemilihan presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kota. Sementara pada bulan September, akan dilakukan pemilihan gubernur dan wali kota/bupati.

    Berbeda dengan pemilu serentak sebelumnya, pemilu mendatang akan benar-benar berlangsung secara bersamaan di berbagai daerah. Dengan demikian TNI dan Polri akan bertugas di wilayah masing-masing, tidak bisa diperbantukan untuk daerah lain seperti sebelumnya.

    Sehingga jelas, ketika dilaksanakan serentak, untuk menjaga kondisifitas suatu daerah dalam menyebut Pemilu mendatang, tidak bisa hanya mengandalkan TNI dan Polri. Masyarakat sipil juga memiliki peran untuk turut ambil bagian.

    Baca juga :  Antisipasi Penumpukan Pasien DBD di RS, Dinkes Kab. Mojokerto Gencar Fogging

    “Mari, ayo bersama-sama kita kuatkan peran kita masing-masing dalam menjaga kondusifitas sosial-politik, demi suksesnya Pemilu 2024,” pungkas wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini. (*)

    Reporter : Gatot Sugianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan