Selasa, 18 Juni 2024
29 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanPererat Hubungan Provinsi Jatim dengan Kota Surakarta, Jateng

    Pererat Hubungan Provinsi Jatim dengan Kota Surakarta, Jateng

    SURAKARTA (Wartatransparansi.com) – Hubungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Kota Surakarta, Jawa Tengah diharapkan akan semakin mesra. Hal itu ditandai dengan pertemuan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dengan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka

    “Tadi pembicaraan kami seru sekali dan ternyata Mas Walikota punya banyak visi untuk mempererat persahabatan antara Solo dengan kabupaten/kota di Jawa Timur seperti dengan Madiun dan Ngawi,” kata Wagub Emil Dardak di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (20/1/2023).

    Kita kebayang bahwa kita bisa maju bersama, sekaligus melanjutkan apa yang sudah dirintis di sini. Bukan tentang menang kalah, tapi menang bersama. Tentu ini akan jadi win-win solution untuk kitasemua, tambah Emil.

    Baca juga :  Road Show Bus KPK 2024 Berakhir, Semoga Beri Dampak Positif Bagi Pemprov dan Generasi Muda

    Mantan Bupati Trenggalek itu kemudian menyebut, obrolan terkait hubungan antara kedua wilayah sudah ada sejak Oktober tahun 2022 lalu. Pada saat itu, Emil tertarik akan kepemimpinan Gibran yang menurutnya tidak biasa.

    Saya ketemu Mas Walikota waktu acara Youth 20. Terus saya sampaikan kalau ada waktu, pengen ngobrol-ngobrol dan dengar pengalamannya dalam memimpin Solo.

    Beliau berangkat dari latar belakang seorang enterpreneur dan punya style yang menurut saya out of the box untuk mengatasi masalah-masalah dan hambatan birokrasi, ujarnya.

    Dari hasil pembicaraan yang dilakukan, Emil mengungkapkan bagaimana Gibran punya banyak ide untuk mempererat jalinan kerjasama Jawa Timur dan Surakarta. Antara lain pada sektor ekonomi, budaya, dan transportasi.

    Baca juga :  KPK Sebut Jumlah Pengaduan Masyarakat Kasus Korupsi Kota Surabaya Tertinggi

    Salah satu yang kami bicarakan adalah akses jalan. Beliau sudah koordinasi dengan Kementerian Perhubungan supaya dari sini ke Madiun tidak hanya enak naik mobil, tapi juga kereta api. Jadi diusahakan bagaimana jalurnya maupun gerbongnya bisa lebih optimal lagi,pungkasnya.

    Untuk kebudayaan, Emil mengatakan banyak potensi wisata Jatim yang dapat dikunjungi masyarakat Surakarta. Termasuk Benteng Van den Bosch di Kab. Ngawi yang baru-baru ini menerima upaya pemugaran yang diinstruksikan Presiden RI Joko Widodo.

    Karena memang Solo dengan konsepnya Mas Wali ini adalah maju bersama dengan wilayah di sekitarnya. Baik di dalam Jawa Tengah maupun juga yang berbatasan dengan Jawa Timur seperti Madiun atau Ngawi ini, jelasnya.

    Baca juga :  Pj. Gubernur Dukung Roadshow Bus KPK 2024: Upaya Preventif Pendidikan Anti Korupsi

    Meski begitu, Emil mengakui bahwa memang ada tantangan tertentu yang harus dihadapi untuk menuju perubahan. Namun dirinya tetap optimis bahwa apa yang diusahakan pemerintah dapat membawa kemanfaatan untuk masyarakat.

    Saya cuma mau sharing pengalaman bahwa yang namanya membenahi tentunya selalu ada pihak yang merasa dirugikan. Tapi saya melihat bahwa Mas Walikota punya keberanian untuk kemaslahatan orang banyak.

    Tentu harus siap menerima kritikan dan dipikirkan bagaimana kemudian permasalahan-permasalahan mereka bisa diatasi, imbuhnya.

    Kurang lebih mirip karena saya pernah mengalami saat menjadi bupati. Style-nya tidak 100% sama, tapi menurut saya apa yang dilakukan Mas Wali ini akan membuat Solo nanti semakin teratur, makin tertib dan makin baik, ujarnya. (*)

    Reporter : Amin

    Sumber : WarrtaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan