Jumat, 21 Juni 2024
24 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaWarga Tubanan Baru Antusias Laksanakan Kerja Bakti Massal

    Warga Tubanan Baru Antusias Laksanakan Kerja Bakti Massal

    SURABAYA (Warta Transpaeansi.com) – Pemerinta kota Surabaya telah melakukan Program kerja bakti massal “Surabaya Bergerak” yang dilakukan di setoap RT se Surabaya. Salah satunya dilakukan di RT 02 Tubanan Baru, Kelurahan Karang Poh, Kecamatan Tandes, Surabaya, Minggu (15-01-2023)

    Ketua RT 02 Tubanan Baru, Guntur Deni Pramurti mengatakan, warga sangat semangat melakukan kerja bakti. Utamanya membersihkan lahan fasum yang akan dimanfaatkan warga sebagai parkir mobil, disamping membersihkan selokan agar tidak terjadi banjir.

    “Kerja bakti kali pertama ini, warga RT 02 fokus pembersihan lahan fasum untuk parkiran mobil disamping membersihkan saluran,” katanya usai kerja bakti.

    Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro menyatakan, program “Surabaya Bergerak” ini bukan hanya persoalan kebersihan lingkungan, Tetapi juga berdampak pada kepedulian warga dalam jiwa gotong royong .

    Baca juga :  Wali Kota Serahkan Puluhan Hewan Kurban ke RPH untuk Warga Surabaya

    “Jadi di dalam program ini masyarakat saling gotong royong membersihkan lingkungannya, mereka peduli satu sama lain agar terhindar dari musibah. Karena membersihkan lingkungan itu butuh kesadaran dari diri masing-masing warga Surabaya,” katanya.

    Hebi mengungkapkan, secara tidak langsung warga yang berpartisipasi dalam kegiatan ini telah membantu pemkot dalam membersihkan saluran drainase untuk mencegah terjadinya banjir.

    “Sebenarnya fokus utamanya itu pembersihan saluran air. Namun, ada juga warga yang melakukan perantingan, mengumpulkan barang bekas, dan sebagainya. Kemudian kita bantu fasilitasi pengangkutan,” ungkapnya.

    Ia menambahkan, program ” Suarabaya Bergerak ” sudah berjalan selama dua bulan terakhir, dan hari ini adalah peserta kerja bakti paling banyak.

    ” Sebelumnya, tiap minggu paling banyak 80 titik RT yang berpartisipasi dalam “Surabaya Bergerak”

    Baca juga :  Pemprov Jatim Komitmen Tingkatkan Layanan RS Korpri Pura Raharja

    Hebi berharap agar Ketua RT sebelum mengadakan kerja bakti hendaknya mendaftar melalui website terlebih dahulu. Agar pihaknya menyiapkan armada untuk mengangkut sampah hasil kerja bakti.

    “Jadi paling tidak daftar dulu, biar kami tahu titik jemputnya agar tidak ada sampah yang terlantar di pinggir jalan. Selain itu, kami juga bisa memberi jadwal tiap minggu, agar tidak bersamaan kerja baktinya sehingga sampah itu bisa terangkut semua,” pungkasnya. (*)

    Reporter : Sumardji

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan