Minggu, 21 Juli 2024
27 C
Surabaya
More
    EkbisDi Medan, Menko Airlangga Bagikan KUR dan Pantau Harga Pasar

    Di Medan, Menko Airlangga Bagikan KUR dan Pantau Harga Pasar

    JAKARTA (Wartatransparansi.com) – Momentum Hari Besar Keagamaan Nasional Natal dan Tahun Baru 2023, di manfaatkan Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berkunjung ke Medan untuk melihat harga harga pasar.

    Airlangga memastikan bahwa harga serta ketersediaan pasokan bahan pangan pokok bagi seluruh masyarakat dapat terjaga dengan baik. Menteri yang ramah dan murah senyum itu tak lupa berdialog dengan pedagang dan pengunjung.

    “Acara pagi ini merupakan tinjauan pasar terutama melihat kesiapan Natal dan Tahun Baru. Dari persiapan yang ada, harga semuanya stabil, beras dan minyak goreng juga tersedia,” kata Menko Airlangga, Sabtu lalu.

    Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara simbolis kepada pedagang dengan total nilai Rp900 juta. Plafon KUR di kisaran Rp50 juta – Rp500 juta dari beberapa penyalur KUR seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, BSI, dan Bank Sumut. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong UMKM dalam mendapatkan pembiayaan yang mudah dan terjangkau.

    Baca juga :  Jatim – Sumbar Jalin Kerjasama Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

    Hingga 19 Desember 2022, realisasi penyaluran KUR nasional sudah mencapai 94,37% atau Rp352,18 triliun dari target 2022 dan telah diberikan kepada 7,34 juta debitur. Penyaluran KUR sektor produksi mencapai 56,5% dan sektor non produksi (perdagangan) mencapai 43,5%.

    “KUR tersedia Bapak-Ibu semua, dan di sini hadir dari beberapa bank penyalur KUR. Kredit yang super mikro sampai Rp10 juta bunganya hanya 3% per tahun, KUR yang Rp10 juta – Rp100 juta tidak pakai agunan dan bunganya 6% per tahun, sementara yang Rp100 juta – Rp500 juta diminta agunan tambahan dan bunganya juga 6%,” tutur Menko Airlangga.

    Menko Airlangga juga menyerahkan Paket Sembako kepada petugas keamanan, petugas kebersihan, penjaga toilet, dan juru parkir di pasar tersebut. Selain itu, juga diadakan Pasar Murah atas kerja sama antara PUD Pasar Medan, Bulog, dan PT Pilar Grup Indonesia. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok menjelang Nataru.

    Baca juga :  Diskop UKM Jatim Gelar Penyerahan Hadiah di Puncak HUT ke-77 Koperasi

    Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain yakni Menteri Perindustrian, Anggota DPR RI, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Wali Kota Medan, Kapolda Sumatera Utara, dan Pangdam I/Bukit Barisan. (*)

    Reporter : Syarifuddin

    Sumber : WarrtaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan