Senin, 8 Agustus 2022
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurJemberKolaborasi PMR dan Pramuka Taman 250 Aneka Bibit dan Bagi 150 Paket...

    Kolaborasi PMR dan Pramuka Taman 250 Aneka Bibit dan Bagi 150 Paket Sembako di Jember

    JEMBER (WartaTransparansi.com) – Kolaborasi Palang Merah Remaja (PMR) dan Pramuka menanam 250 aneka bibit pohon di Lereng Gunung Hyang Argopuro, tepatnya di Desa Kemiri, Kecamatan Panti dan membagi 150 paket sembako, selain dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 77 juga bentuk nyata mencintai alam.

    Disatu sisi ini adalah pra MoU (Penanda Tanganan Kerjasama) antara PMI Jawa Timur dengan Kwarda Pramuka Jawa Timur, tanggal 14 Agustus di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

    Hal itu diungkapkan Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur Dr. Edy Purwinarto, Msi, disela sela acara aksi sosial PMI dan tanam bibit pohon, Jumat (5/8/2022). Bakti sosial ini bagian sisi kehidupan kita dalam bermasyarakat .

    Di lereng pegunungan Hyang Argopuro tersebut selama ini menjadi langganan banjir bandang maupun tanah longsor.

    Keterlibatan PMR dan Pramuka tersebut untuk mewujudkan kepedulian pada masyarakat sekitar khususnya pada penanganan bencana dengan cara memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam tanpa merusaknya.

    Kolaborasi PMR dan Pramuka disambut baik oleh BPBD Jember, hal tersebut bisa memperkuat setiap desa dimana saat ini BPBD merintis terbentuknya destana dan baik PMR maupun Pramuka bergabung didalamnya menjadi kader kebencanaan.

    “BPBD Jember kini merintis destana, adik adik ini bisa masuk dalam destana karena menjadi ujung tombak dalam memberikan edukasi kebencanaan pada masyarakat sekitar dan nantinya juga bisa membantu dalam proses penanganan bencana,” ujar Sigit Akbari, Kepala BPBD Jember yang hadir dalam acara tersebut.

    Dan dimusim kemarau saat ini, diharapkan semua masyarakat tetap waspada dan berhati hati khususnya saat membakar rumput agar tidak menimbulkan kebakaran terlebih di kawasan hutan yang memicu terjadinya kebakaran hutan. (*)

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan