Selasa, 16 Agustus 2022
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurPasuruanArumi Bachsin, Pabrik Berkontribusi Cegah Stunting

    Arumi Bachsin, Pabrik Berkontribusi Cegah Stunting

    PASURUAN (WartaTransparansi.com) – Istri Wakil Gubernur Jatim Arumi Bachsin selakuKetua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) mengapresiasi sejumlah pabrik di Jawa Timur yan dinilainya berkontribusi terhadap penurunan angka stunting di Jawa Timur.

    Karena itu perusahaan tersebut perlu untuk diacungi jempol. Salah satunya, dengan mematahkan stigma bahwa perempuan yang tengah menyusui mengalami kendala dalam bekerja.

    Ketika melakukan peninjauan ke PT. Barokah Mitra Karya Unggul Mitra Produksi Sigaret (BMKU MPS) di Beji, Pasuruan, Jumat (5/8), Arumi menyatakan, pabrik rokok BMKU MPS jumlah pekerjanya 90% perempuan, tak sedikit dari pekerja mereka merupakan ibu baru. 

    Menurut Arumi, tempat kerja yang menyediakan ruang laktasi bertempat sangat dekat dari lokasi pabrik itu luar biasa manfaatnya bagi ibu yang sedang menyusui.

    “Mewujudkan keluarga berkualitas ini banyak sekali caranya, salah satunya dengan mendukung tumbuh kembang buah hati di 1000 hari pertama kehidupan,” ungkap Arumi.

    ASI eksklusif di Indonesia pemberiannya masih berada di angka 54%. Ini berpengaruh untuk menekan angka stunting. Tingkat stunting nasional di bawah 14% sulit digapai jika pemberian ASI eksklusif di 1000 hari pertama kehidupan tidak terlaksana.

    “Karena kalau kita ngomongin anak ada dua masalah besar yang selalu kita hadapi, yang pertama masalah gizi dan juga pola asuh,” katanya.

    Arumi menjelaskan, masalah gizi menyangkut asupan gizi yang diterima oleh anak sepanjang masa perkembangan, terutama pemberian ASI. Sedangkan pola asuh menyangkut kedekatan dan cara berkomunikasi orangtua.

    Oleh karenanya, apresiasi Arumi tak berhenti di situ, ia juga memuji inisiatif pabrik untuk memberikan penghargaan dan sertifikat Lulus ASI Eksklusif 6 Bulan bagi para pekerja perempuan.

    Sebagai tambahan, Arumi juga mengingatkan para pekerja wanita di pabrik tersebut bahwa Agustus ini merupakan Bulan Imunisasi Anak Nasional. Maka ia mengimbau agar para ibu baru tak lupa untuk pergi ke pusat kesehatan masyarakan dan memenuhi kebutuhan imunisasi buah hatinya. (*)

    Reporter : Henry Sulfianto

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan