Kamis, 28 Maret 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBanyuwangiDinas Pertanian Dan Pangan Banyuwangi Imbau Peternak Hewan Tetap Waspada Virus PMK

    Dinas Pertanian Dan Pangan Banyuwangi Imbau Peternak Hewan Tetap Waspada Virus PMK

    BANYUWANGI (WartaTransparansi.com) – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi menghimbau peternak hewan sapi, kambing, domba dan sebagainya, tetap wajib mewaspadai virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), peternak dan warga agar tidak panik menjual ternaknya (panic selling).

    Seperti yang dikatakan pada wartatransparansi.com Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi Muhammad Khoiri melalui Sekretaris Dinas I Komang Sudira Admaja sebenarnya daging hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, domba dan lainnya dapat disembelih dan dikonsumsi manusia, namun yang terpenting perlu diperhatikan agar tetap menjaga kebersihan kandang agar hewan ternak tetap sehat.

    ”Jika ditemukan adanya ternak yang sakit, segera melaporkan ke petugas/ Posko dikantor Dinas Pertanian dan Pangan,” terang Komang panggilan sehari – hari diruang kerjanya, Rabu (20/7/2022).

    Baca juga :  Kadinkes Banyuwangi Pastikan Makanan di Pasar Takjil Layak Dikonsumsi

    Komang menambahkan, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah melakukan sejumlah langkah untuk mencegah masuknya penyakit yang menyerang ternak ruminansia (hewan pemamah biak).

    “Jangan lupa selalu memberikan asupan makanan penguat mineral pada hewan ternak, sehingga ternak tetap lahap makan dan sehat. Langkah antisipatif sebagai upaya kewaspadaan dan kesiapsiagaan telah kita lakukan sejak beberapa hari kemarin, dengan melakukan surveilans dan deteksi dini pada hewan ternak di daerah-daerah kantong ternak, pedagang ternak, Pasar hewan, serta ternak milik warga,” ujarnya.

    Sementara itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kesehatan Hewan Drh. Nanang Sugiarto beberapa hari kemarin bahwa ada 4 (empat) point yang harus dipahami antara lain, virus PMK penularannya pada sesama hewan ternak, virus PMK tidak menular pada manusia, Hewan ternak yang terindikasi kena virus PMK dapat disembuhkan, Penulanan virus PMK sangat cepat sesama hewan ternak, sedangkan angka kematian sangat rendah.

    Baca juga :  Danlanal Banyuwangi : Wartawan Adalah Partner Kerja

    Drh. Nanang Sugiarto menyampaikan peternak harus rutin melakukan pemeriksaan jika ada hewan ternak yang sakit (meski tidak mengarah ke virus PMK) segera memberikan vitamin juga mineral untuk meningkatkan status kesehatannya dan tidak memasukkan ternak baru ke dalam kandang.

    “Pisahkan dahulu beberapa waktu, jika memang tidak ada gejala mengarah ke virus PMK, baru boleh dicampur dengan yang lain,” pesannya. (*).

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan