Sabtu, 20 Agustus 2022
24 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriRibuan Santri Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri Ikuti Pelatihan Manasik Haji dan...

    Ribuan Santri Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri Ikuti Pelatihan Manasik Haji dan Umroh

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Setelah sempat terhenti akibat dampak pandemi Covid-19, Pondok Pesantren (Ponpes) Wali Barokah Kediri kembali menggelar Pelatihan manasik haji dan umroh dan di ikuti oleh sebanyak 3500 orang santri di halaman Ponpes.

    “Kita menyelenggarakan pelatihan manasik umroh dan haji. Alhamdulillah, respon para santri sangat positif dan antusias ,”kata, Pembina dan Ustadz Ponpes H. Zunit Syaifullah S.Pd.I, Jumat (15/7/2022).

    Menurutnya, kegiatan ini bertujuan sebagai media pembelajaran saat hendak melaksanakan ibadah haji dan umrah kepada para santri baik dari tingkat dasar maupun atas di Ponpes Wali Barokah Kediri diharapkan kelak selepas dari Ponpes santri dan bertugas di daerahnya masing-masing bisa menyalurkan ilmunya kepada masyarakat, dan secara tidak langsung bekal ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat ketika menunaikan ibadah haji dan umroh ke tanah suci.

    Baca juga :  Bupati Kediri Himbau Masyarakat dalam Sinau Bareng Cak Nun dan Konser Iromo Tresno

    Sejatinya kegiatan pelatihan ini dilaksanakan oleh Ponpes rutin setahun sekali, namun dikarenakan adanya pandemi Covid-19, maka sempat terhenti sementara dan mulai dilakukan kembali setelah adanya pelonggaran oleh pemerintah untuk pemberangkatan haji dan umroh serta melandainya wabah tersebut.

    “Kegiatan pelatihan ini rutin digelar setahun sekali pada saat hari kelima setelah Idul Adha, dan kegiatan kali ini tidak menutup kemungkinan akan ditindak lanjuti di daerah lainya di Indonesia,”tuturnya.

    Lanjut ulama yang akrab disapa Ustadz Syaifullah mengatakan, pada pelaksanaan pelatihan manasik para santri sebelumnya diberikan perbekalan ilmu secara teori pada saat diruangan kelas yakni tiga macam jenis ibadah haji yaitu haji Ifrad, Qiran dan Tamattu, kemudian untuk prakteknya diperagakan oleh sejumlah perwakilan ustadz dan santri ponpes.

    Baca juga :  Lansia di Kabupaten Kediri Ditemukan Tewas Dalam Sumur

    “Pada saat materi praktek kami hanya memperagakan haji Tamattu dan Ifrad mengingat terbatasnya waktu kegiatan pelatihan saat malam hari,”imbuhnya.

    Terakhir, Ustadz Syaifullah menambahkan, pihaknya berharap agar ribuan santri ponpes bisa memahami dan mengaplikasikan secara baik pelatihan manasik haji dan umroh, dan mendoakan yang terlibat dalam suksesnya kegiatan kali ini oleh, Allah SWT agar dapat menunaikan rukun Islam yang ke 5 tersebut.

    “Semua yang terlibat dan hadir dalam pertemuan kegiatan kali ini bisa berangkat ke tanah suci, untuk melaksanakan haji dan umroh serta memperoleh predikat haji mabrur,”tutupnya. (Abi)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan