Selasa, 16 Agustus 2022
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSidoarjoFilm "Sinar Agama dalam Budaya" Juarai Kompetisi Film Pendek Islami Tingkat Provinsi...

    Film “Sinar Agama dalam Budaya” Juarai Kompetisi Film Pendek Islami Tingkat Provinsi Jawa Timur.

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Hajat bidang penerangan agama Islam Kanwil Kemenag provinsi Jawa Timur untuk menggali kreatifitas sineas muda dalam mendakwahkan moderasi beragama melalui media film terlaksana dengan sukses.

    “Sinar Agama dalam budaya” berhasil menyabet tropi juara 1 dalam perhetalan kompetisi film pendek Islami (KFPI) di hotel Luminor Jemursari Surabaya 27 – 29 Juni 2022. Dr. H. Nawawi, M.Ag (Kabag sekaligus Plh. Kakanwil Kemenag provinsi Jawa Timur) mengucapkan selamat atas keberhasilan film Sinar Agama dalam Budaya karya RM. Aflakha Mangku Negara dari Kabupaten Tuban sebagai juara 1, Bil Hal karya Muhammad Choiruddin dari kabupaten Jombang sebagai Juara 2, dan Schade karya Muhammad Faiz dari Kabupaten Mojokerto. “Ternyata banyak sekali milenial Jatim yang mempunyai talenta perfilman Islami. Milenial dari madrasah, pesantren, penyuluh agama dan lain-lain.

    Baca juga :  Paduan Suara PKK RW 1 Bersenandung Meriahkan HUT Kemerdekaan

    H. Mufi Imron Rosyadi (Kabid Penis zawa) mengatakan bahwa KFPI ini pesan yang ada dalam film yang dilombakan secara general mensupport penguatan moderasi beragama Islam, dan Jawa Timur punya tanggung jawab moral karena tahun 2021 lalu Jawa Timur menyabet juara 1 dan 3 film animasi tingkat nasional.

    Film Sinar Agama dalam Budaya, kata Dr. Moh Sholehuddin, M.Ag Kasi Seni Budaya dan musabaqoh Kanwil sekaligus anggota tim juri, memberi pesan tentang pentingnya dakwah Islam yang bijaksana dan mampu memasukkan nilai Islam kedalam praktik adat istiadat atau budaya yang berlaku di masyarakat.

    Contoh adalah budaya sedekah bumi dengan media wayang kulit yang dahulu diwarnai praktik miras kemudian diubah dengan warna Islami seperti gamelan shalawat dan sedekah tumpeng untuk warga miskin.

    Baca juga :  Syair Djoko Tetuko “Merdeka”

    Kompetisi film Islami di Jawa Timur, menurut Dr. Dewi Nur Kumalasari selaku Ketua Tim pendamping KFPI Direktorat Penerangan Kemenag RI, sangat kompetitif. Peserta di Jatim terbanyak nomer dua se- Indonesia yaitu 52 buah film.

    Selisih satu saja dari 53 milik provinsi Lampung. Juara 1, 2, 3 dan harapan 1 tingkat provinsi se Indonesia akan diikutkan ke pentas seleksi nasional pada bulan Juli nanti.
    Abdul Halim Fauz, budayawan – Pentolan Teater Jaguar Surabaya dan Ketua Tim juri Provinsi, menyatakan KFPI ini juga memilih juara harapan yaitu film ‘Akhlak’ sebagai juara harapan 1 karya kharisma Mulya Alam dari Jember, film Ikhlas dari Alfiyan Shahara Prayitno dari MAN Sidoarjo, dan film Ibu karya Florensia Dita Dwi Kurnianti dari MTsN kota Blitar.(mt)

    Reporter : Mt

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan