Minggu, 7 Agustus 2022
28 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaPPDB Daring SMP Swasta Melalui Dispendik Surabaya Ditutup 14 Juli

    PPDB Daring SMP Swasta Melalui Dispendik Surabaya Ditutup 14 Juli

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya menjalin kolaborasi dengan 179 SMP swasta membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dalam jaringan (daring). Pendaftaran PPDB SMP Swasta mulai dibuka Jumat 24 Juni dan ditutup 14 Juli mendatang.

    Kepala Dispendik Kota Surabaya Yusuf Masruh mengatakan, pendaftaran PPDB SMP swasta dengan mengakses laman ppdb.surabaya.go.id. Pendaftaran menggunakan NIK siswa dan PIN yang didapat saat validasi di PPDB SMPN.

    “Pendaftaran PPDB SMP swasta menggunakan alamat website yang sama dengan PPDB SMPN,” kata Yusuf, Senin (27/6/2022).

    Yusuf menjelaskan, kualitas sekolah swasta tidak kalah dengan sekolah negeri. Total SMP swasta di Kota Pahlawan sekitar 250 lembaga. Kuota yang disediakan sebanyak 871 rombongan belajar (rombel) atau 24.518 siswa. Namun, yang tergabung dalam PPDB daring di laman ppdb.surabaya.go.id sekitar 179 lembaga.

    Baca juga :  SWK Ketintang Dilaunching 17 Agustus

    Sementara itu, pendaftaran PPDB SMPN jalur zonasi telah ditutup pada Sabtu (25/6/2022), dan sudah diumumkan keesokannya. Jalur zonasi adalah jalur terakhir untuk SMP Negeri. ” Yang diterima bisa langsung melakukan daftar ulang secara online. Jadi, tidak perlu datang ke sekolah untuk melakukan daftar ulang, cukup klik tombol saja,” ujar Yusuf.

    Sementara itu, Koordinator Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Erwin Darmogo menambahkan, PPDB SMP swasta menampung siswa yang belum diterima pada PPDB SMPN. 179 lembaga SMP Swasta yang tersedia dalam laman ppdb.surabaya.go.id menyediakan dua jalur penerimaan, yaitu jalur afirmasi mitra warga dan jalur regular.

    Erwin menegaskan, jalur swasta mitra warga dapat diikuti oleh calon peserta didik baru (CPDB) SMP yang masuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) pada Data Terpadu Masyarakat Surabaya (DTMS).

    Baca juga :  Ini Pesan Sekdaprov Adhy Karyono Kepada Ketua DPW yang Baru

    “Seleksinya menggunakan waktu pendaftaran, siapa cepat dia dapat,” tukasnya. **

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan