Jumat, 1 Juli 2022
24 C
Surabaya
More
    OpiniTajukGerakan Kampanye TV Digital Plus

    Gerakan Kampanye TV Digital Plus

    Oleh Djoko Tetuko

    Perubahan siaran televisi dari analog ke digital, sudah tinggal menunggu waktu secara nasional. Hanya saja TV Digital dengan kecanggihan teknologi dan kelebihan luar biasa membutuhkan contoh atau suri teladan.

    Tentu saja wilayah percontohan itu guna membuktikan bahwa TV Digital memang mempunyai nilai plus. Baik mengenai EWS maupun data intenet yang menyatu dengan pesawat televisi.

    Early Warning System (EWS) adalah suatu sistem peringatan/deteksi dini untuk melihat kemungkinan terjadi bencana atau diubah dengan aplikasi EWS untuk kepeningan lain.

    Demikian juga peluang memperbesar kekuatan internet, peluang usaha baru, dan penambahan lapangan kerja. Sebagaimana diungkapkan Ahmad Riyadh UB P.hD bahwa multiplier effect dari perubahan pertelevisian nasional atau Analog Switch-Off (ASO) membuka lapangan kerja dan peluang usaha baru ratusan ribu.

    Bahkan Pakar Hukum Media Univeritas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) ini menegaskan, peluang dan tantangan untuk mewujudkan lapangan kerja dan peluang usaha baru, supaya dilakukan pemetaan wilayah dengan potensi masing-masing.

    Pernyataan itu
    sebagaimana diinformasikan dari Kementerian Kominfo bahwa Boston Colsulting Group memperkirakan manfaat dari Digital Dividen dengan peningkatan internet di Indonesia, maka dalam lima tahun akan menghasilkan multiplier effect.
    Pengaruh positif ASO ke depan, kata Riyadh, ada 232 ribu penambahan lapangan kerja dan 118 ribu penambahan peluang usaha baru. Perkiraan data itu kan menunjukkan lebih dari 200 ribu dan hampir 200 ribu. Ini tantangan yang harus dikerjakan secara sungguh-sungguh.

    1
    2
    Reporter :
    Penulis : Djoko Tetuko
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan

    Keajaiban Al-Qur’an

    Jalan Ajaib LaNyala

    Mimpi “5 Besar” Olimpiade Menpora