Selasa, 16 Agustus 2022
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriPuncak HPN 2022, PWI Gelar FGD Bahas Ekonomi Paska Pandemi

    Puncak HPN 2022, PWI Gelar FGD Bahas Ekonomi Paska Pandemi

    KEDIRI (WartaTransparansi.com)– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar focus group discussion (FGD) sebagai puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022, di Balaikota Kediri.

    “Kegiatan FGD ini sebagai sarana untuk merumuskan dan bertukar pikiran,” ucap Ketua PWI Kediri, Bambang Iswahyoedhi, Selasa (14/6/2022).

    Menurutnya, kegiatan FGD itu perlu dalam rangka mengumpulkan data untuk menyikapi adanya pembangunan bandara internasional Dhoho Kediri diharapkankan menjadi sebuah proyek strategis nasional bagi Pemerintah dan kepentingan masyarakat.

    Tak bisa dipungkiri berdirinya salah satu sarana transportasi masyarakat tersebut. Disinyalir bila tidak disikapi secara serius oleh pemerintah saat ini. Akan terjadi suatu dampak masalah, terutama sosial dan ekonomi terlebih setelah pandemi covid-19.

    Baca juga :  Bupati Ajak Warga Muhammadiyah Bersatu Padu Bangun Kabupaten Kediri

    ” Kami menilai selaku wartawan. Masyarakat suka dan tidak suka harus siap, karena sudah masuk dalam peraturan dari Presiden. Tinggal saat ini peran Pemerintah Daerah (Pemda) menyikapi kebijakan yang telah tertuang dari pusat tersebut, ” tutur Bambang.

    Terakhir, dirinya mengutarakan, bilamana sektor pariwisata dapat menjadi konsentrasi dalam pemilihan ekonomi paska pandemi covid-19. Maka akan menjadi peluang yang luar biasa bagi masyarakat yang secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan daerah setiap tahunnya.

    ” Lingkar Wilis mempunyai potensi wisata yang indah. Bahkan sesuai target provinsi Jawa Timur (Jatim) akan menjadi sumber pemasukan nomer dua, bagi pemasukan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ), ” urainya.

    Terpisah, Kepala Perwakilan BI Kediri, Moch. Choirur Rofiq mengatakan, Pihaknya akan melakukan sejumlah kajian untuk mengetahui sejauh mana dampak ekonomi masyarakat paska pandemi covid-19. Menanggapi dengan adanya keberadaan bandara udara internasional Dhoho Kediri.

    Baca juga :  Berikut Ruas Penutupan Arus SLG saat Sinau Bareng Cak Nun

    Disinyalir potensi destinasi wisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di selingkaran Wilis menjadi aspek yang dominan dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sehingga diharapkan bisa berdampak positif secara langsung berupa pendapatan yang diterima oleh Pemda setempat dan Provinsi Jatim.

    ” Kami akan melakukan kajian dampak ekonomi di selingkar Wilis bekerjasama dengan Perguruan Tinggi untuk mengetahui potensi potensi apa saja yang bisa dikembangkan oleh masyarakat, “tutupnya.

    Untuk diketahui dalam kegiatan FGD menghadirkan 5 Narasumber yakni Ketua PWI Kediri, Perwakilan Pemerintah Kota Kediri, Perwakilan Pemerintah Kabupaten Kediri, Perwakilan Pemerintah Kabupaten Nganjuk dan Pimpinan Bank Indonesia wilayah Kediri serta dipandu oleh moderator Dr. Apriliani, M.Si.(Abi)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan