Sabtu, 28 Mei 2022
25 C
Surabaya
More
    JakartaPuncak arus balik di Stasiun Senen & Gambir diprediksi mulai 6...

    Puncak arus balik di Stasiun Senen & Gambir diprediksi mulai 6 Mei

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop1 Jakarta Eva Chairunisa memprediksi puncak arus balik Lebaran 2022 di Stasiun Pasar Senen dan Gambir, Jakarta Pusat, akan terjadi mulai 6 Mei.

    “(Puncak arus balik diprediksi) 6-9 Mei 2022,” kata Eva Chairunisa kepada WartaTransparansi.com, Rabu.

    Tanggal ini sama seperti dengan prediksi dari Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu yang juga menyatakan puncak arus balik Idul Fitri 1443 H terjadi pada 6 Mei 2022.

    Adapun calon penumpang kereta api yang berangkat meninggalkan Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen dan Gambir pada masa arus balik Lebaran tetap ada.

    Salah satunya, Annisa yang berencana mudik pada Rabu ini menuju Tegal untuk keberangkatan pukul sekitar pukul 11.20 dari Stasiun Pasar Senen. Dia bersama suami dan dua anaknya memilih mudik setelah Lebaran karena sang suami baru mendapatkan libur kerja Selesai Lebaran. Selama ini dia memilih moda kereta karena lebih nyaman dan cepat ketimbang bus ataupun kendaraan pribadi.

    Baca juga :  Pemerintah Diminta Siapkan Langkah Antisipatif Meluasnya Cacar Monyet 

    “Suami liburnya baru sekarang. Sudah dua tahun enggak mudik. Alhamdulillah sekarang dapat pulang, nengok mertua,” tutur dia saat ditemui di Stasiun Pasar Senen.

    Selain Annisa, ada juga Sumini asal Malang yang mudik bersama keluarganya setelah Lebaran untuk keberangkatan pada Rabu ini pukul 10.20 WIB.

    Berdasarkan data pada Selasa (3/5), jumlah tempat duduk yang dipesan sekitar 40-75 persen untuk keberangkatan 4 Mei hingga 7 Mei mendatang dan ini diprediksi akan terus meningkat.

    “untuk sementara tiket pada tanggal tersebut (4 Mei-7 Mei 2022) masih cukup tersedia meskipun jumlah pemesanan terus meningkat,” ujar Eva.

    Relasi yang banyak dipilih calon pengguna KA ini yakni tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon dan Bandung.

    Baca juga :  Kibarkan Bendera Simbol LGBT, Ketua DPD RI Desak Kedubes Inggris Minta Maaf

    Eva mengatakan, pada Selasa (3/5), terdapat 35 KA yang beroperasi di Stasiun Gambir dan 8 di antaranya KA tambahan. Volume penumpang yang berangkat di stasiun itu sebanyak 14.800 atau 87 persen dari total tempat duduk yang tersedia yakni 17.200 kursi.

    Sementara di Stasiun Pasar Senen, terdapat 28 KA yang beroperasi dan 2 di antaranya KA Tambahan. Volume penumpang berangkat sebanyak 18.600 atau 91 persen dari total tempat duduk yang tersedia yakni 20.500 kursi.

    “Data tersebut hanya jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen jika ditambah dengan penumpang yang naik juga dari Bekasi, Karawang, Cikarang, Cikampek, dan Jakarta Kota maka secara keseluruhan volume penumpang pada KA yg berangkat dari Daop 1 Jakarta sudah memenuhi ketersediaan tempat duduk 100 persen,” kata dia.

    Baca juga :  Aksi Tanam 10 Juta Pohon Dilaunching Besok

    Masa Angkutan Lebaran untuk perjalanan kereta api (KA) ditetapkan H-10 sampai dengan H+10 Lebaran atau 22 April-13 Mei 2022.

    Mengutip Antara bahwa pada periode tersebut, dari area Daop 1 Jakarta terdapat sekitar 62 perjalanan KA Jarak Jauh per hari dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 36.400 per hari yakni 16.400 di Stasiun Gambir dan 20.000 Stasiun Lasar Senen.

    Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100 persen. (*)

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan