Senin, 23 Mei 2022
31 C
Surabaya
More
    HeadlineDLHKP Kota Kediri Akan Bentuk Satgas Khusus Memantau Kondisi Pohon

    DLHKP Kota Kediri Akan Bentuk Satgas Khusus Memantau Kondisi Pohon

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Menindaklanjuti perihal kejadian bencana alam berupa hujan lebat disertai angin kencang yang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang di Kota Kediri pada, Jumat (1/4) lalu. DLHKP Kota Kediri akan bentuk satuan tugas (Satgas) khusus untuk membantu memantau perkembangan kondisi pohon yang ada di setiap kelurahan.

    Kepala DLHKP Kota Kediri, Anang Kurniawan menjelaskan, pihaknya telah melakukan evaluasi berkaitan dengan adanya kejadian bencana alam tersebut, sehingga akan mengupayakan membentuk tim satgas memantau perkembangan kondisi pohon yang tumbuh di wilayah Kota Kediri

    ” Kita juga evaluasi lagi terkait keberadaan pohon itu, dengan meningkatkan sistem pemeliharaan untuk ditingkatkan. Jika sebelumnya DLHKP ada 3 satgas maka akan kita tambah lagi satu satgas untuk melakukan pememantauan yang jangkauannya lebih intensif, dan lebih jeli melihat dari sisi kekuatan serta estetika pohon,” ujarnya, Senin (11/4/2022).

    Lanjut, pegawai dinas yang akrab disapa Anang mengatakan, meski saat ini pihaknya belum mendapatkan jumlah pohon yang tumbuh di Kota Kediri secara pasti, namun kedepan pihaknya akan melakukan inventarisasi pohon yang tumbuh baik berukuran besar, sedang maupun kecil di masing-masing wilayah, termasuk di ruang terbuka hijau (RTH) masyarakat dan yang berada di dalam instansi pemerintahan, guna meminimalisir terjadinya dampak bencana alam yang terjadi di tengah masyarakat.

    ” Kita masih belum punya Jumlah datanya, tapi kedepannya akan memulai pendataan. Cuman di RTH publik ( masyarakat.red) jumlah pohon berukuran besar jumlahnya sangat sedikit dibandingkan pohon yang berada di lingkungan RTH private atau khusus ( instansi pemerintah.red) sehingga tidak menutup kemungkinan pohon berukuran besar dilingkungan RTH private akan dilakukan pendataan oleh petugas,”paparnya.

    Selain itu, sebagai tugasnya upaya yang dilakukan oleh DLHKP Kota Kediri dirinya rasa telah maksimal dalam melakukan perawatan terhadap sejumlah pohon yang tumbuh di Kota Kediri.

    ” Setiap hari sudah kita laksanakan perawatan secara rutin pohon di RTH publik (masyarakat.red). Mulai dari penguatan pohon, menghindari bila terjadinya pohon tumbang, termasuk pohon dalam kategori mati kita lakukan pemotongan,” tutupnya. (Abi)

    Reporter : Moch Abi Madyan
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan