Minggu, 2 Oktober 2022
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoForkopimda Dan Pimpinan Ponpes Tanam Sejuta Pohon

    Forkopimda Dan Pimpinan Ponpes Tanam Sejuta Pohon

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) Selamatkan hutan demi kelestarian alam dan masa depan anak-cucu, Dandim 0815/ Mojokerto, Letkol Inf. Beni Asman, S.Sos, MH, bersama Pimpinan Ponpes Segoro Agung, Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Jatim, Kepala Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wil. Nganjuk, Adm. Perhutani KPH Jombang, melakukan aksi tanam sejuta pohon di Kawasan Hutan Sumber Air Panguripan (Banyu Panguripan) Desa Pakis, Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jatim, Rabu (29/12/2021).

    Kegiatan tanam sejuta pohon diawali apel di lapangan Balai Dusun Bancang, Desa Pakis. Berikutnya, penanaman pohon secara simbolis di Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) BKPH Jabung dan BKPH Gedangan RPH Kedung Lumpang KPH Jombang, tepatnya di kawasan wisata religi Banyu Panguripan.

    Letkol Inf. Beni Asman, mengatakan, aksi menanam pohon bersama sebagai bagian dari gerakan menanam sejuta pohon ini, untuk menanamkan kecintaan sekaligus menggugah nurani anak bangsa untuk lebih peduli lingkungan.

    ”Gerakan menanam pohon ini bertujuan demi masa depan anak cucu kita”, tegasnya.

    Forkopimda Dan Pimpinan Ponpes Tanam Sejuta PohonLanjut Dandim 0815, penanaman ribuan bibit pohon berbagai jenis tanaman keras dan bernilai ekonomis ini, sebagai simbolisasi untuk menggugah hati nurani warga bangsa untuk bersama-sama melakukan penanaman pohon dan menghutankan kembali demi kelestarian lingkungan dan terjaganya ekosistem dari kerusakan.

    “Kita kasih contoh langsung, menanam pohon di hutan KPS Banyu Panguripan, guna mengurangi lahan kritis, mencegah terjadinya bencana dan menghijaukan bumi. Hutan juga bermanfaat sebagai sumber oksigen, reserve air dan hutan juga sebagai sumber daya alam hayati yang multi manfaat harus kita jaga agar tetap lestari. Kalau kita menjaga hutan, tentunya hutan akan menjaga kita dari bencana,” ulasnya.

    Pada kesempatan tersebut, Letkol Beni, mengajak semua pihak untuk menghentikan penebangan liar, dan kebakaran hutan.

    “Kami berharap kepada semua pihak, agar segera berusaha memperbaiki kerusakan hutan dan lingkungan yang telah rusak dan kritis, karena hutan dan lingkungan hidup merupakan bagian tidak terpisahkan dari pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan pembangunan budaya bangsa kita,” harapnya.

    Pada penutupnya, Abituren Akmil Angkatan 2001 ini juga, memberikan apresiasi positif kepada Pemda, Perhutani, Dinas Kehutanan dan berbagai pihak/komunitas, yang berupaya menghutankan kembali, melalui program rehabilitasi hutan dan lahan, penanaman sejuta pohon, pembangunan hutan rakyat, hutan tanaman rakyat dan hutan kemasyarakatan serta adanya kebijakan daerah yang mendukung budaya menanam, baik dalam skala besar maupun kecil, dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

    Sementara itu, Pendiri sekaligus Pimpinan Ponpes Segoro Agung, Sentonorejo, Trowulan, Mojokerto, KH. Bimo Agus Sunarno, mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Kodim 0815, Forkopimda Mojokerto, DPRD Jatim, Dinas Kehutanan Prov. Jatim, Perum Perhutani KPH Jombang dan CDK Wil. Nganjuk, melaksanakan gerakan menanam satu juta pohon, yang ditandai dengan penanaman pohon bersama secara simbolis di Banyu Panguripan.

    “Kami juga melaksanakan Sarasehan bertajuk ”Hutan Terjaga Rakyat Sejahtera”, di halaman Balai Dusun Bancang, Desa Pakis. Semua ini dilakukan untuk menggugah kesadaran kita semua tentang pentingnya merawat dan menjaga hutan demi kelangsungan hidup anak cucu kita kelak,” ujarnya.

    Masih dalam rangkaian kegiatan, Ketua LMDH Pakis Makmur Desa Pakis, Trowulan, Bapak Sriyadi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 0815/Mojokerto Bersama Forkopimda, Pimpinan Ponpes Segoro Agung, Wakil Ketua DPRD jatim, Dinas Kehutanan Provinsi Jatim, Kepala Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wil. Nganjuk, Adm. Perhutani KPH Jombang, Forkopimcam Trowulan, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) & Komunitas Pencinta Alam yang sudah menyempatkan waktu untuk melihat secara langsung kondisi hutan saat ini sekaligus membantu perbaikan hutan dikawasan Desa Pakis.

    Terpantau, selain Dandim 0815, hadir Wabup Mojokerto H. Muhammad Al Barraa, Lc. MHum, Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar, SIK, MSi, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua P. Simanjuntak, SH,MH, KCDK Wil. Nganjuk Purnomo P. Nugroho, SHut,MM, Adm Perhutani KPH Jombang Mukhlisin, SHut, dan instansi terkait menanam 2000 bibit pohon secara simbolis, yaitu sukun, nangka, trembesi, beringin, matoa, klengkeng, durian, sirsak, srikaya, blimbing, alpukat, kelapa, kemiri, mangga, jambu, dan bambu.

    Tampak hadir dalam kegiatan, Forpimcam Trowulan, Para Danramil dan Perwira Staf Kodim 0815/Mojokerto, Personel TNI-Polri, Pengurus Ponpes Segoro Agung, SMA Majapahi 1 Trowulan, Kepala Desa Pakis, Karang Taruna Desa Pakis, Kepala Desa Sentonorejo, Anggota Perhutani BKPH Jabung dan Gedangan RPH Kedung Lumpang, Yayasan Bambu Lestari, Mojopahit Mobil Cub (MMC) Religi Mojokerto, LMDH Mitra Wana Sejahtera, LMDH Pakis Makmur, LMDH Sumber Urip, Komunitas Peduli Lingkungan STIE Al-Anwar Mojokerto (KAPALSTAR), Pramuka Saka Wana Bakti Perhutani BKPH Trowulan, dan Kelompok Pencinta Alam Trowulan. (mat)

    Reporter : Makin Rahmat

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan