Rabu, 28 September 2022
32 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaRumah Pesisir Pantai Kenjeran Rusak Dihantam Angin, Pemkot Langsung Turun Tangan

    Rumah Pesisir Pantai Kenjeran Rusak Dihantam Angin, Pemkot Langsung Turun Tangan

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Sejumlah rumah warga pesisir Pantai Kenjeran alami kerusakan akibat hujan deras dan hantaman angin kencang pada Selasa kemarin. Melihat itu, Pemkot Surabaya langsung turun tangan membantu memperbaiki kerusakan rumah sejumlah warga.

    Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi langsung menginstruksikan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Kota Surabaya untuk melakukan penanganan. Yakni, dengan menutup sementara atap rumah warga menggunakan terpal sebelum dilakukan perbaikan secara permanen.

    “Sesuai arahan Pak Wali Kota untuk melakukan penanganan, membantu memperbaiki rumah warga. Kami juga dibantu oleh BPB Linmas, untuk mendeteksi kerusakan awal rumah warga,” kata Kepala Bidang Bangunan dan Gedung DPRKP-CKTR Surabaya, Iman Kristian, Rabu (29/12/2021).

    Baca juga :  2.3Juta Anak Jatim Telah Imunisasi MR

    Mulai hari ini, lanjut Iman, pihaknya telah melakukan penanganan dan memperbaiki delapan atap rumah warga yang rusak. Untuk tahap selanjutnya, pengerjaan perbaikan atap rumah warga akan dilakukan secara bergiliran dan dimaksimalkan selama dua hari ke depan.

    “Karena perbaikan atap rumah warga juga dilihat dari kategori kondisi kerusakan rumah, yakni kerusakan ringan dan kerusakan berat,” terangnya.

    Menurutnya, kondisi rumah warga yang mengalami kerusakan itu sebagian besar berada di bagian atap. Hal ini dikarenakan atap rumah telah lapuk dan terbang saat diterpa oleh angin kencang.

    “Melihat kondisinya di lapangan, kerangka atap itu memiliki kondisi yang beragam. Jadi harus ada rekondisi atap dulu, baru perbaikan atap,” jelasnya.

    Baca juga :  Antisipasi Banjir, Pemkot Surabaya Bangun 55 Crossing, Target Tuntas November 2022

    Iman menyebut, pihaknya telah menerjunkan 30 personel untuk menangani rumah warga yang mengalami kerusakan. Pada prosesnya, para personel ini juga harus mencari material yang disesuaikan dengan bangunan rumah.

    “Sekarang sudah dilakukan penanganan dengan diganti material yang lebih permanen. Untuk fokus kita saat ini adalah bagian atap dan kondisinya dari survei kemarin, rata-rata kondisi rumah tersebut dalam kondisi baik,” katanya.

    Camat Bulak, Budi Hermanto menjelaskan, bahwa Pemkot Surabaya langsung memberikan bantuan kepada warga yang atap rumahnya mengalami kerusakan. Yakni, dengan memberikan sembako, seperti beras, minyak goreng, gula, serta langsung melakukan penanganan perbaikan atap rumah.

    “Hingga saat ini masih dalam proses perbaikan atap rumah warga. Ada sekitar 22 rumah, sebanyak 17 rumah di kawasan Nambangan, 4 rumah di kawasan Jalan Cumpat, dan laporan tadi siang ada tambahan 1 rumah di kawasan Kedung Cowek Tegal,” jelas dia.

    Baca juga :  Pasar Penjaringansari Besolek dengan Konsep Baru

    Terpisah, Siti Nurmiati, warga Nambangan Perak Gang 7 Surabaya mengaku, bahwa pengerjaan dan perbaikan atap rumahnya sudah selesai. Dia mengaku bersyukur karena Pemkot Surabaya aktif membantu warga yang mengalami kerusakan rumah akibat hujan deras dan angin kencang. **

    Editor : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan