Senin, 26 September 2022
28 C
Surabaya
More
    LifeStyleInilah Kisah Sains Keren, Lucu, Dan Aneh Di Tahun 2021

    Inilah Kisah Sains Keren, Lucu, Dan Aneh Di Tahun 2021

    WartaTransparansi.com – Berikut ini berbagai penemuan keren, inovasi teknologi, dan prestasi ilmiah yang benar-benar aneh. “Sapi dilatih untuk menggunakan toilet ?”

    Energi fusi masa depan

    Harapan untuk menjadikan fusi nuklir sebagai sumber energi bersih masa depan mendapat dukungan pada bulan Agustus ketika sebuah eksperimen energi fusi melepaskan 1,3 juta joule energi.

    Rintangan besar untuk energi fusi telah mencapai pengapian — titik ketika reaksi fusi menghasilkan lebih banyak energi daripada yang dibutuhkan untuk memicunya. Tes melepaskan sekitar 70 persen energi yang dipergunakan untuk memicu reaksi, yang paling dekat dengan tonggak titik impas.

    ilustrasi laser biru meledakkan kapsul bahan bakar
    Dalam eksperimen fusi di National Ignition Facility, laser (warna biru dalam gambar) meledakkan silinder kecil berisi kapsul bahan bakar (bola putih). Proses itu menghasilkan sinar-X yang menguapkan bagian luar kapsul dan memampatkan bahan bakar ke tekanan dan suhu ekstrem yang diperlukan untuk mendorong fusi. Laboratorium Nasional Lawrence Livermore

    Transplantasi ginjal babi ke manusia

    Pertama dalam sejarah, ginjal babi ditempelkan pada manusia, dan organ tersebut berfungsi normal selama 54 jam pemantauan. Eksperimen bedah yang sukses ini menandai tonggak sejarah menuju transplantasi hewan ke manusia yang sebenarnya, yang akan memperluas pasokan organ penyelamat bagi orang yang membutuhkan.

    foto sekelompok ahli bedah yang memeriksa ginjal babi untuk mencari tanda-tanda penolakan
    Sebuah tim bedah di NYU Langone Health di New York City menempelkan ginjal babi ke Penderita manusia dalam prosedur pertama dari jenisnya. Di sini, tim memeriksa ginjal untuk tanda-tanda penolakan. Ginjal berfungsi normal selama 54 jam. Joe Carrotta untuk NYU Langone Health

    Bintang mati

    Dalam peristiwa yang mengerikan, para astronom menangkap bintang yang menelan lubang hitam di dekatnya, atau mungkin bintang neutron, dan kemudian dimakan oleh makanannya sendiri. Ledakan spektakuler yang dihasilkan meninggalkan lubang hitam.

    Para astronom telah berteori bahwa supernova bintang-makan-bintang seperti itu mungkin terjadi, tetapi tidak pernah mengamatinya.

    ilustrasi pancaran energi biru yang berasal dari bintang yang berputar
    Semburan energi meledak dari sebuah bintang yang telah mengkanibal teman matinya dalam ilustrasi ini. Chuck Carter

    Mesin yang hidup

    Sel katak mengubah diri mereka menjadi robot kecil yang hidup. Para ilmuwan membuang sel punca kulit dari embrio katak dan mengamati sel-sel itu tersusun menjadi gumpalan kecil yang dijuluki “xenobots” yang dapat berenang dan bahkan memperbaiki diri, ditambah partikel yang bergerak di lingkungan. Xenobots mungkin suatu hari nanti memiliki tujuan yang berguna, seperti membersihkan saluran air, kata para ilmuwan.

    Tonton aksi “xenobots”.

    Brain Teaser (asah otak)

    Para ilmuwan mendapatkan pandangan yang sama sekali baru tentang otak ketika mereka mengambil sepotong kecil otak wanita dan memetakan berbagai bentuk 50.000 sel dan 100 juta atau lebih koneksi mereka. Kumpulan data yang luas dapat membantu mengungkap kompleksitas otak.

    Gambar 3-D sel saraf
    Dengan memeriksa setitik otak manusia, para peneliti menemukan contoh akson melingkar yang tidak biasa, sulur sel saraf pengirim pesan (ditunjukkan di bawah dalam rekonstruksi 3-D) melingkar seperti ular. Lichtman Lab/Harvard Univ., Tim Connectomics/Google

    Plus adalah minus

    Menambah dan mengurangi adalah cara manusia untuk berpaling dari sebuah subjek, para ilmuwan menemukan setelah meminta para sukarelawan untuk mengatasi berbagai teka-teki dan masalah, termasuk menstabilkan struktur Lego dan mengoptimalkan rencana perjalanan. Kecenderungan untuk berpikir dalam plus bukan minus dapat menjadi akar dari ekses modern seperti rumah yang berantakan, para peneliti berspekulasi.

    foto struktur balok Lego
    Dalam sebuah percobaan, peserta harus menstabilkan atap Lego di atas patung, yang diwakili oleh selembar kertas. Kebanyakan orang menambahkan potongan meskipun setiap potongan berharga 10 sen. Hanya ketika para peneliti menetapkan bahwa pengurangan potongan itu gratis, barulah lebih banyak orang menghapus blok yang tidak stabil dan meletakkan atap di atas pilar lebar. Adams dkk/Alam 2021

    Sapi dilatih menggunakan toilet

    Bisakah petani mengurangi polusi dengan mengirim sapi ke toilet? Jawabannya mungkin sekali iya. Dalam eksperimen unik, para ilmuwan melatih sapi untuk menjawab panggilan alam dengan menggunakan bilik kamar mandi yang menampung urin. Di masa depan, urin sapi yang dikumpulkan, yang jika tidak dapat mencemari lingkungan, dapat dipergunakan untuk membuat pupuk.

    Peneliti berhasil melatih 11 anak sapi, seperti yang satu ini, untuk buang air kecil di kamar mandi. Begitu sapi itu buang air, sebuah jendela di kandang terbuka, mengeluarkan campuran tetes tebu sebagai hadiah. Pelatihan toilet sapi dalam skala besar dan mengumpulkan urin mereka untuk membuat pupuk dapat mengurangi polusi pertanian, kata tim tersebut.

    Crystal clear

    Panas dan tekanan yang hebat dari uji bom atom pertama, pada tahun 1945, meninggalkan zat kaca yang dikenal sebagai trinitit — dan sesuatu yang bahkan lebih aneh. Di dalam trinitit, para ilmuwan menemukan bentuk materi langka yang disebut quasicrystal. Quasicrystals memiliki struktur yang teratur seperti kristal normal, tetapi struktur itu tidak berulang. Sebelumnya, kristal ini hanya ditemukan di meteorit atau dibuat di laboratorium.

    gambar trinitite merah
    Trinitit merah (ditampilkan) terbentuk dari pasir yang meleleh, kabel tembaga, dan puing-puing lainnya setelah uji coba nuklir Trinity. Luca Bindi dan Paul J. Steinhardt

    Kasus gen yang hilang

    Tanaman Asia Tenggara yang berbau busuk bernama Sapria himalyana telah kehilangan sekitar 44 persen gen yang ditemukan di sebagian besar tanaman berbunga lainnya. S. himalyana parasit tanaman lain untuk mendapatkan nutrisi, sehingga tidak begitu mengejutkan bahwa ia telah sepenuhnya membersihkan DNA kloroplasnya. Kloroplas ialah struktur tempat fotosintesis, atau pembuatan makanan, biasanya terjadi. S. himalyana tampaknya mencuri lebih dari sekadar nutrisi — lebih dari 1 persen gennya berasal dari tanaman lain, mungkin inang saat ini atau masa lalu.

    foto bunga sapria himalyana kuning dan merah
    Sapria himalyana, yang berasal dari Asia Tenggara, adalah endoparasit, yang hidup di dalam tanaman anggurnya selama bertahun-tahun sebelum muncul sebagai bunga berbintik-bintik yang dapat berukuran 20 sentimeter.C. Universitas Davis/Harvard

    Akuntansi DNA

    Kembar identik mungkin tidak identik secara genetik. Mereka berbeda rata-rata 5,2 perubahan genetik, para peneliti melaporkan. Itu berarti perbedaan antara kembar tersebut mungkin tidak semata-mata karena pengaruh lingkungan. Dalam penghitungan DNA lainnya, para ilmuwan memperkirakan bahwa 1,5 hingga 7 persen DNA manusia modern adalah unik, berbeda dari DNA Neandertal, Denisovan, dan kerabat purba lainnya.

    Reporter : Sabarudin

    Sumber : sciencenews.org

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan