Senin, 26 September 2022
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokerto350 Personel Siap Amankan Nataru Mojokerto

    350 Personel Siap Amankan Nataru Mojokerto

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) – Polres Mojokerto telah menyiagakan 350 personil terlatih berikut perlatannya guna menyambut perayaan hari Natal 2021 dan tahun baru 2022. Upaya ini guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga Mojokerto saat melangsungkan kegiatan NATARU (Natal dan Tahun Baru).

    Pantauan di Mapolres Mojokerto mulai Senin (20/12/2021) hingga Selasa (21/12/2021) pagi tadi, kesibukan personel Polres Mojokerto yang disiapkan pengamanan Nataru 2020/2021 terlihat melakukan simulasi disejumlah gereja dan ruas jalan yang dijadilan titik pantauan.

    “Sebelum kegiatan Ibadah natal tersebut dilaksanakan terlebih dahulu personil Polres Mojokerto mengecek keamanan tempat ibadah salah satunya gereja yang ada di Kecamatan Pacet, dan Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto,” tegas Kapolres Mojokerto, AKBP Apip Ginanjar, didampingi Kabag Ops Polres Mojokerto Kompol Yulie Khrisna, ST, SIK, Selasa (21/12/2021) pagi.

    Masih kata Kapolres, personel Samapta Shabara Polres Mojokerto selain dibekali peralatan yang memadai juga disiapkan personil K9 untuk kegiatan Sterilisasi di tempat – tempat ibadah yang digunakan dalam perayaan Natal tahun ini dan kegiatan tersebut langsung dipantau oleh Kapolres Mojokerto.

    Baca juga :  Monumen Garuda Pancasila Trowulan, Menggugah Semangat NKRI

    Menurut Kapolres, setelah kegiatan sterilisasi, pengamanan dilanjutkan dengan menggelar simulasi terhadap lokasi tempat ibadah agar personel yang bertugas mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga menimbulkan rasa aman dalam menjalankan ibadah natal. “Hari ini kami laksanakan simulasi pengamanan gereja menjelang hari raya natal dan tahun baru 2022,”tegas Kapolres.

    Disisi lain, lanjut Kapolres, pada pelaksanaan hari raya natal 2020, para jemaat gereja juga diwajibkan memiliki aplikasi peduli lindungi. Sedangkan personil sudah menyiapkan aplikasi peduli lindungi untuk ditempatkan di setiap pintu masuk tempat ibadah.

    “Saya sudah cek kesiapan aplikasi peduli lindungi untuk ditempatkan di setiap pintu masuk tempat ibadah karena ini semua demi keamanan dan kenyamanan Harkamtibnas masyarakat dalam perayaan natal dan tahun baru,”jelas AKBP Apip Ginanjar.

    Baca juga :  Penyidikan Pada Pemberi Gratifikasi & TPPU Kasus MKP

    Personil gabungan yang disiagakan, Lanjut Kapolres, tersebar dibeberapa polsek jajaran dan instansi terkait. “Ada 350 personil gabungan dan stakeholder terkait yang kami turunkan di lapangan. Selain itu, terdapat 28 titik tempat ibadah yang akan dipusatkan keamanannya di wilayah hukum Polres Kabupaten Mojokerto.,” tegas Kapolres.

    Dikonfirmasi secara terpisah, Kasat Lantas Polres Mojokerto AKP Arpan, S.I.K, M.H., M.Si menjelaskan, ada 7 tempat kerumunan di malam tahun baru 2022. Yang pertama, stadion Gajahmada Mojosari. Yang kedua, tempat wisata di Kecamatan Trowulan. Yang ketiga, tempat wisata dan villa di Kecamatan Trawas.
    “Yang keempat, tempat wisata dan villa di Kecamatan Pacet. Yang kelima, Rolak Songo Kecamatan Mojoanyar. Yang keenam, sekitar Ruko Royal Kecamatan Mojosari. Yang ketujuh, Cafe di wilayah Pacet dan Trawas,”jelas AKP Arpan.
    Masih penelasan Kasat Lantas, untuk ganjil genap pada perayaan natal dan tahun baru di lokasi wisata Pacet dan Trawas pada tanggal 24 – 26 Desember 2021 mulai pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB. Kemudian pada tanggal 1-2 Januari 2022 mulai pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB.
    Sedangkan khusus tanggal 31 Desember 2021 pukul 18.00 WIB – 24.00 WIB. Untuk lokasi penyekatan ganjil genap 6 lokasi. Yang pertama, Simpang 3 Janti Kecamatan Mojosari (Arah Pacet). Yang kedua, Simpang 3 Seruni Kecamatan Pungging (Arah Trawas). Yang ketiga, Simpang Kesemen Kecamatan Ngoro (Arah Trawas.
    “Yang keempat, Simpang 3 Padi Kecamatan Gondang (Arah Pacet). Yang kelima, Simpang 3 Pandan Kecamatan Pacet (Arah Pacet). Yang keenam, Simpang 3 Depan Polsek Dlanggu,” tegasnya. (gat)

    Reporter : Gatot Sugianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan