Senin, 24 Januari 2022
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBanyuwangiPeringati Hari Anti Korupsi, Aliansi Anti Korupsi Ritual Tumpengan Di Depan Pemkab...

    Peringati Hari Anti Korupsi, Aliansi Anti Korupsi Ritual Tumpengan Di Depan Pemkab Banyuwangi

    BANYUWANGI (WartaTransparansi.com) – Memperingati Hari Anti Korupsi sedunia puluhan Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Se Kabupaten Banyuwangi bergabung dalam Aliansi Anti Korupsi menyuarakan gerakan lawan korupsi yang digelar di depan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Kamis (9/12/2021).

    Aksi ini merupakan gerak untuk mewujudkan Pemerintahan yang bebas dari korupsi di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

    Dalam peringatan kali ini sengaja dibuat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana tahun-tahun sebelumnya hanya menampilkan aksi penyampaian jargon / slogan dan penandatangan pakta integritas. Tetapi hari ini, kita melakukan Ritual Tumpengan yang bertujuan agar Pemerintahan Banyuwangi bisa terhindar dari korupsi dan di jauhkan dari koruptor,” kata Eko Wijiono ketua koordinator Aksi.

    Baca juga :  TRC PPA Bersama FOSKAPDA Kembali Bagikan Tas Sekolah

    Eko juga mengatakan lawan korupsi bakar koruptor, kami melakukan aksi untuk rakyat Banyuwangi memberantas tindak Pidana Korupsi, karena masih Banyak Koruptor di Kabupaten Banyuwangi, Korupsi itu sangat meresahkan masyarakat. Maka dari itu, kami bersama seluruh element yang ada di Banyuwangi akan melawan korupsi dan membasmi koruptor.

     

    Peringati Hari Anti Korupsi, Aliansi Anti Korupsi Ritual Tumpengan Di Depan Pemkab Banyuwangi
    Aliansi Anti Korupsi Banyuwangi menggelar aksi damai dan ritual di depan Kantor Pemkab sebagai peringatan agar ASN hati hati dalam menggunakan anggaran APBD/APBN

    Selain itu, kita juga akan memasukan 10 laporan Tipikor di Banyuwangi, 5 akan kita masukan ke Kejaksaan Negeri Banyuwangi dan 5 akan kita masukan ke Polresta Banyuwangi,” terang Eko Wijiono.

    Baca juga :  FOSKAPDA: Surat Edaran Sekda dan Program Bupati Harus Segera Terealisasi

    Disisi lain, Suripto selaku koordinator dari LSM Gagak Hitam Banyuwangi mengatakan bahwa korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa maka untuk memberantas korupsi juga harus dilakukan dengan cara yang luar biasa sekaligus harus melibatkan semua elemen masyarakat.

    “Kami dari LSM Gagak Hitam Banyuwangi berkomitmen bersama untuk memberantas korupsi, satu padu bangun Banyuwangi bebas korupsi,” tegas Surip sapaan akrabnya.

    Sementara itu, Sekretaris Aliansi Aktifis Anti Korupsi Sekabupaten Banyuwangi Handreas menambahkan hari ini sebagai momen kebangkitan bersama, gabungan LSM dan Ormas, jangan hanya saat peringatan Hari Anti Korupsi ini saja, melainkan terus bergabung guna mengkritisi dan mengawasi kinerja Eksekutif, Legislatif maupun Yudikatif ke depannya,” ujarnya.

    Baca juga :  FOSKAPDA: Surat Edaran Sekda dan Program Bupati Harus Segera Terealisasi

    Dalam acara tersebut, dengan ritual doa bersama dan pemotongan nasi tumpeng oleh Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu didampingi para tokoh Lsm diserahkan kepada salah satu tokoh Lsm H. Eko Sukartono. ditengah aksi sekilas Kapolresta mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang berlangsung dengan damai, dan berharap semoga apa yang dilakukan oleh para pegiat Anti Korupsi Banyuwangi membawa manfaat untuk semuanya. (yin)

    Reporter : Nuriyah Muzayyin
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan