Jumat, 21 Januari 2022
26 C
Surabaya
More
    OpiniTajukGotong Royong Antar Indonesia Sukses Tangani Covid-19

    Gotong Royong Antar Indonesia Sukses Tangani Covid-19

    Oleh DjokobTetuko – Pemimpin Redaksi WartaTransparansi

    Gerakan percepatan vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dengan melakukan berbagai terobosan melalui sejumlah elemen, terutama Kepolisian bersama Tentara Nasional Indonesia dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Pencegahan Covid-19, berhasil mengantarkan Indonesia menjadi “5 Besar” negara yang berhasil menangani virus Corona.

    Salah satu pemantik dari kebehasilan itu hingga pada Level 1 menuju transisi kehidupan normal baru ialah Pemerintah selalu menyatakan bahwa penanganan dan pencegahan Covid-19, dilakukan secara bersama-sama gotong royong. Dan gayung bersambut hampir seluruh elemen termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) begitu kompak menjalankan tugas mulia ini.

    Sebagaimana diketahui ciri khas gotong royong ialah. Pertama, ada satu tujuan bersama yang dapat membuat perkerjaan lebih, lancar, mudah, dan ringan. Kedua, memiliki kebersamaan dan saling membantu yang dapat menumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan serta rasa sosial bermasyarakat. Dan ketiga, saling membantu dan kerja sama.

    Selama gerakan percepatan vaksinasi dan tetap mengeterapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan mensyaratkan minimal sudah vaksin dan memakai masker, suasana kebatinan dilaksanakan dalam kegotongroyongan sangat menonjol sekali. Sehingga tanpa terasa di beberapa daerah sudah mencapai herd immunity (kekebalan kelompok).

    Senin (6/12/2021)
    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Indonesia menjadi salah satu dari 5 negara yang berhasil menangani pandemi Covid-19 level 1.

    Hal ini menurut Kepala Negara karena kerja keras dan gotong royong seluruh pihak. Sehingga Indonesia
    berhasil menjadi satu dari lima negara di dunia yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 pada level 1. Hal ini menunjukkan kemampuan bangsa dalam menghadapi tantangan.

    Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi saat membuka Kongres DPP Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PP GMNI) Tahun 2021 di Istana Negara.

    Presiden Jokowi menjelaskan, keberhasilan dari Indonesia ini menunjukkan bahwa kemampuan bangsa dalam mengubah tantangan sulit menjadi peluang agar mampu bergerak maju, sudah dilakukan dengan gotong royong.

    Walaupun sudah berhasil menangani Covid-19 (sementara waktu), tetapi jauh lebih hebat dan bermartabat secara kontinyu menjaga protokol kesehatan dengan memberikan kesempatan seluruh anak bangsa melakukan aktivitas secara rutin sebagaimana mestinya ketika bellum ada virus Corona.

    Hanya saja karena kemungkinan besar masa pandemi Covid-19, jika herd immunity sudah tercapai dan budaya memerangi dengan penangana serta pencegahan sangat profesional, maka pada saat endemi tetap menjaga Prokes dengan ketentuan lebih mengedepankan musyawarah mufakat.

    Inilah harapan bersama ketika menangani dan mencegah Covid-19 dengan gotong royong, maka falsafah Pancasila dengan mengedepankan musyawarah mufakat dipakai sebagai landasan dalam memulihkan roda usaha pada pelaku usaha di semua tingkatan, sekaligus mendukung dan mendorong kebangkitan ekonomi nasional.

    Sebagai bangsa dan negara dengan peradaban ketimuran, maka jauh lebih elok jika pemerintah bersama seluruh elemen atas nama negara menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia, terutama relawan khusus Covid-19. Sehingga menjadi kekuatan dalam pemulihan ekonomi nasional di semua bidang. InsyaAllah. (*)

    Reporter :
    Penulis : Djoko Tetuko
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan

    Mimpi “5 Besar” Olimpiade Menpora

    Penguatan Peremajaan PMI Jatim

    Budaya Korupsi Tradisi Jaga Kursi

    Renungan Hari Pahlawan