Sabtu, 22 Januari 2022
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanDinas Sosial Lakukan Edukasi Pada Keluarga Pasien ODGJ

    Dinas Sosial Lakukan Edukasi Pada Keluarga Pasien ODGJ

    MAGETAN  (WartaTransparansi.com) – Dalam upaya meningkatkan layanan sosial bagi PPKS penyandang disabilitas mental utamanya ODGJ, Dinas Sosial Kabupaten Magetan bekerjasama dengan Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur dan RSJ Menur Surabaya pada tanggal 5 Nopember 2021 telah mengirim 11 ODGJ yang berasal dari 9 kecamatan ke RSJ Menur untuk menjalani perawatan.

    Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan, Yayuk Sri Rahayu, SE dalam acara edukasi keluarga pasien ODGJ di Gedung Karang Taruna Jumat (26/11/2021) mengatakan saat ini ada 11 pasien dari magetan yang menjalani perawatan di RSJ Menur. “Kita lakukan upaya Rehabilitasi pasien dengan mengirim ke RSJ Menur,” ujar Yayuk Sri Rahayu.

    Dijelaskan pasien ini sudah 3 minggu menjalani Rehabilitasi dan saat ini kondisi sudah mulai membaik. Dinas Sosial Kabupaten Magetan akan memfasilitasi para keluarga ini dalam berkomunikasi dengan para pasien dan bersama kita berdoa semoga keluarga kita yang menjalani Rehabilitasi segera sembuh serta berkumpul kembali dengan keluarga sehingga dapat bersosialisasi dengan masyarakat Kembali.

    Sementara itu Kabid Rehsos Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur, Sugiyono mengatakan semoga pasien yang yang dirawat cepat sembuh dan menjadi berkah semuanya. “Semoga nanti setelah sembuh tidak kambuh lagi”, ujar Sugiyono.

    Peran keluarga sangatlah penting untuk menciptakan suasana agar pasien tenang dan nyaman berada dalam lingkungan keluarga dan sekitarnya. Menciptakan suasana nyaman dan tenang akan mendukung pemulihan pasien.

    Selain itu kita semua mengajak lingkungan melalui keluarga, perangkat dan Kepala Desa agar menghilangkan stigma negatif kepada pasien dan menerima kembali pasien dalam bersosialisasi di masyarakat. Hal ini yang kita butuhkan untik proses penyembuhan agar tidak kambuh lagi.(rud).

    Reporter : Rudy Ardi
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan