Kamis, 2 Desember 2021
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurPasuruanSering Mampet, Ratusan Pelanggan PDAM Putus Jaringan Sendiri

    Sering Mampet, Ratusan Pelanggan PDAM Putus Jaringan Sendiri

    PASURUAN (WartaTransparansi.com)  – Pelayanan konsumen PDAM Kota Pasuruan pada beberapa bulan dikeluhkan oleh warga Kota Pasuruan. Bahkan belasan dan ratusan pelanggan PDAM Kota Pasuruan memutus sendiri jaringan saluran pipanya.

    Seperti yang terjadi di Perum Tiara Candi III warga memutus jaringan lantaran distribusi air sering mampet.

    Warga yang memutus jaringan mengatakan aliran air kecil dan sering tak keluar sama sekali. Sementara mereka tetap membayar.

    “Banyak yang diputus. Kalau saya pribadi karena air keluarnya sedikit kadang nggak keluar tapi bayar terus,” kata Teguh Wicaksono, salah satu warga, Rabu (24/11/2021).

    Karena air sering tak keluar, ia akhirnya memutus jaringan. “Yang mutus waktu itu ngomong ‘harusnya ada petugas kontrol saluran yang ngecek aliran’, tapi nyatanya nggak ada,” ungkap pria yang juga Ketua RT 05/RW 02 Kelurahan Sekargadung, Kelurahan Purworejo ini.

    Hal senada diungkapkan Taufik. Ia memilih memutus jaringan karena aliran air sering ngadat. Di bloknya yang terdapat 13 rumah, 5 rumah memutus jaringan.

    “Sudah tiga bulan lalu saya putus. Pakai pompa air saja,” ungkapnya.

    Warga yang memutus jaringan mengaku dirugikan. Selain tak bisa mengakses air kualitas baik PDAM yang bersumber dari mata air Umbulan, mereka juga sudah membayar biaya pemasangan jaringan saat membeli rumah.

    Sementara warga yang tak memutus jaringan mengaku ingin bertahan dan berharap ada perbaikan pelayanan. Meski demikian, mereka tetap menggunakan sumur bor dan pompa untuk keperluan sehari-hari.

    “Saya biasa pakai PDAM ya malam hari. Nandon untuk masak dan minum,” kata Agus Widodo, warga lainnya.

    Distribusi air PDAM tak lancar sejak lama. Air lancar pada jam-jam tertentu seperti malam hari dan tak keluar  saat pagi dan sore hari.

    Warga sering melapor kemudian ada petugas datang. Air lancar setelah ditangani petugas, namun beberapa hari kemudian air kembali ngadat.(hen)

    Reporter : Henry Sulfianto
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan