Kamis, 2 Desember 2021
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurGresikWakil Ketua PMI Jatim H. Soebagyo,SW Buka Pelatihan Fasilitator BOCA

    Wakil Ketua PMI Jatim H. Soebagyo,SW Buka Pelatihan Fasilitator BOCA

    GRESIK (WartaTransparansi.com) – PMI (Palang Merah Indonesia) Jawa Timur berupaya keras meningkatkan kinerjanya agar pelayanan kepada masyarakat lebih optimal.

    Upaya itu terus ditingkatkan dengan melakukan pelatihan  Fasilitator BOCA yang di buka oleh Wakil Ketua PMI Provinsi Jawa Timur H. Soebagyo SW.

    Pembukaan pelatihan Fasilitator BOCA (Branch Organisational Capacity Assesment) berlangsung di pusat pelatihan PMI di Gresik, Jawa Timur, Senin (25/10/2821)

    Soebagyo, SW mengatakan pelatihan akan berlangsung selama enam hari diikuti 20 orang, 12 diantaranya dari perwakilan kabupaten/kota dan selebihnya dari PMI Provinsi Jawa Timur. Menurutnya mereka ini yang akan diterjunkan untuk melakukan assesment PMI Kabupaten/Kota.

    Mana saja yang akan dilakukan uji petik, karena sifatnya dadakan tentu disesuaikan dengan kondisi. Obyeknya adalah organisasi, SDM dan relawanya.

    Soebagyo menjelaskan tugas PMI itu melakukan pelayanan dibidang kemanusiaan dengan tepat waktu. Karenanya organisasi PMI juga harus baik. Kondisi daerah satu sama lain tentu berbeda beda. Sebab itu kelayakan tersebut akan bisa dinilai oleh tim ini.

    Ada tiga hal yang menjadi tugas BOCA dan perlu untuk diperhatikan yakni untuk memperbarui analisa kerentanan dan apresiasi pelengkap atas kapasitas organisasi cabang dan bagaimana kinerjanya saat ini.

    Lalu untuk mencapai konsensus tentang prioritas peningkatan cabang dan untuk mengenbangkan rencana operasional untuk memperkuat dan mempertahankan kapasitas penyampaian layanan dan ketahanan masyarakat.

    Pihaknya meminta agar peserta betul betul mengikuti petunjuk instruktur dari pusat sebab ini yang akan menjadi patokan. Dua instruktur diantaranya Abdul Djailani dan Iqomah Fahma Ernasanti dari PMI Pusat dan Florensia dan Syahrudin dari IFRC (International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies). (*)

    Reporter : Sujono
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan