Rabu, 27 Oktober 2021
30 C
Surabaya
More
    OpiniTajukPenghargaan "Humas Enterpreneur Award 2021" Jembatan Kesejahteraan Rakyat
    Oleh : Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

    Penghargaan “Humas Enterpreneur Award 2021” Jembatan Kesejahteraan Rakyat

    Terus Panen Penghargaan, Semoga Membawa Manfaat untuk Seluruh Rakyat Penghargaan "Humas Enterpreneur Award 2021" Jembatan Kesejahteraan Rakyat

    Sudah tidak terhitung penghargaan berhasil diraih Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Ibarat menanam berbagai kiat dalam mewujudkan pemerintahan secara sempurna, kini terus memanen
    berbagai penghargaan. Tentu saja dari instansi berbeda. Tentu saja berharap membawa manfaat untuk rakyat Jatim, semakin sejahtera, makmur yang berkeadilan.

    Masih belum hilang dari ingatan ketika Pemprov Jatim menerima dua penghargaan untuk BPSDM dan baru saja menerima penghargaan Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) karena Surat Keputusan (SK) sosialisasi pencegahan Pernikahan usia dini.

    Terbaru Pemprov Jatim berhasil mendapatkan penghargaan bidang kehumasan dari MarkPlus Inc dan Perhumas. Sebuah penghargaan sangat prestisius sebagai jembatan komunikasi.

    Penghargaan bertitel Humas Enterpreneur Award Tahun 2021 kategori Pemerintah Daerah Provinsi tersebut diterima Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

    Penghargaan diserahkan Chairman MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya didampingi Ketua Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) Agung Laksamana di Kantor MarkPlus Inc di kawasan Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Senin (6/9/2021)

    Gubernur Khofifah menyempatkan diskusi bersama Founder and Chairman MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya, Chairman Perhumas Agung Laksamana, dan Deputy Chairman MarkPlus Inc Taufik, yang menyambut begitu antusias. Mereka berdiskusi mengenai keseimbangan antara kesehatan, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur.

    Selain itu, juga dibahas mengenai Penerapan CIEL (Creativity Innovation Enterpreneurship Leadership) untuk Peningkatan Kinerja ASN mengenai implementasi , tantangan dan kendala yang dihadapi dan menuju Jawa Timur 2030.

    Gubernur Khofifah didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Prov Jatim Sjaichul Ghulam, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Timur Aries Agung Paewai, Kepala Dinas Sosial Jawa Timur Alwi serta Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Sekda Provinsi Jatim Hudiyono.

    Penghargaan tersebut diterima Pemprov Jatim karena telah berupaya melakukannya sosialisasi “Kampanye Program Komunikasi Protokol Kesehatan Covid-19 Sebagai Adaptasi Kebiasan Baru”.

    Lewat upaya tersebut, Humas seluruh elemen baik Pemprov Jatim maupun Humas 3 pilar yaitu TNI dan Polri melalui berbagai platform dan berbagai bentuk konten media sosial menggaungkan media publikasinya tentang protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

    Humas Entrepreneur Award Tahun 2021 sendiri merupakan kegiatan yang diselenggarakan MarkPlus Inc didukung Perhumas.

    Menurut IPRA (International Public Relations Association), Humas merupakan fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik untuk mendapatkan pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini publik diantara mereka.

    Pendapat dan persepsi mengenai pengertian Humas sendiri, sangatlah beragam. Para praktisi komunikasi terkemuka seperti Scott M. Cutlip, Allen H. Center, J.C Seidel, dan Emmerson Reck, memiliki opini dan pandangan masing-masing terkait pengertian Humas.

    Kesimpulan bahwa Humas suatu organisasi memiliki segmentasi publik dalam (internal) maupun luar (eksternal) yang mana memerlukan pembentukan relasi yang baik, agar upaya pencapaian tujuan dapat dilakukan dengan lancar.

    Oleh karenanya, Public Relation memiliki konsekuensi untuk mengupayakan adanya hubungan dengan publik-publik yang berkepentingan dengan organisasi atau perusahaan. Hal tersebut tentunya dengan maksud untuk memperoleh goodwill, kepercayaan, saling pengertian, dan citra yang baik dari publik atau masyarakat.

    Adapun tujuan dari Public Relations mencakup empat hal yakni (1). menciptakan citra yang baik, (2). memelihara citra yang baik, (3). meningkatkan citra yang baik, dan (4). memperbaiki citra jika organisasi kita menurun/rusak.

    Prinsip Humas sendiri, yaitu:
    1. Hubungan masyarakat bekerja atas dasar fakta bukan fiksi.

    2. Humas adalah sebuah pelayanan sosial, bukan pelayanan personal.

    3. Humas harus mewujudkan program kegiatan untuk mencari dukungan masyarakat atas kebijaksanaan dan program lembaga yang diwakilinya.

    4. Humas tidak boleh melakukan penipuan maupun membohongi media massa.

    5. Humas harus menjadi komunikator yang efektif dalam arti sebenarnya.

    6. Humas harus melandaskan kegiatannya pada penelitian ilmiah dibidang pendapat umum.
    Harus bisa bekerja sama dengan para ahli dibidang lain.

    7. Humas berkewajiban menjelaskan masalah tentang krisis yang dialami lembaga yang diwakilinya.

    Karena Humas begitu strategis, setelah Pemprov Jatim menerima penghargaan “Humas Enterpreneur Award 2021”, semoga lebih meningkatkan komunikasi Pemerintah dengan seluruh mitra kerja, terutama untuk kesejahteraan serta kemakmuran masyarakat Jatim. (*)

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan