Minggu, 19 September 2021
25 C
Surabaya
More
    OpiniTajukPPKM Level UMKM Lebih Hebat dari Vaksinasi dan Bansos
    Oleh : Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

    PPKM Level UMKM Lebih Hebat dari Vaksinasi dan Bansos

    Kebijakan permintaan dengan memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 ke bawah, dengan memberikan kelonggaran khusus pada level pedagang MK (mikro dan kecil) InsyaAllah lebih hebat dari vaksinasi.

    Sebagaimana diketahui, Minggu malam )25/7/2021)
    Presiden Joko Widodo telah memutuskan untuk melanjutkan penerapan kebijakan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli hingga tanggal 2 Agustus 2021.

    Kebijakan tersebut diambil setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajarannya mempertimbangkan sejumlah hal, baik aspek kesehatan, aspek ekonomi, hingga dinamika sosial. Pernyataan ini
    dikutip dari Youtube Sekreriat Presiden, Minggu (25/7/2021),
    saat menyampaikan keterangan di Istana Merdeka, Jakarta.

    Namun, PPKM Level 4 kali ada penyesuaian dengan PPKM Level UMKM. Dimana terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati.

    Baca juga :  Tiga Fokus PMI Jatim Perkuat Kehidupan Normal Baru

    PPKM Level UMKM antara lain sebagai berikut:
    1. Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat.

    2. Pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari bisa buka dengan kapasitas maksimal 50 persen sampai dengan pukul 15.00, di mana pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh pemerintah daerah.

    3. Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha-usaha kecil lain yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 yang pengaturan teknisnya diatur oleh pemerintah daerah.

    4. Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 dan maksimal waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit.

    Baca juga :  Berharap Pejabat Eselon II Jatim Membangun “Collective Intelligence”

    Mengingat pemberlakuan penyesuaian UMKM mulai dilaksanakan dengan ekstra hati-hati, maka inilah Sesunggunya kehidupan normal baru dengan model baru bernama PPKM dengan tetap menjalankan protokol kesehatan (Prokes) serta memberikan kelonggaran UMKM kembali bangkit dan pulih dari berbagai kesulitan saat penyekatan dan jalan malam.

    Ingat! Menghidupkan kembali sendi-sendi kehidupan UMKM sekaligus kegiatan masyarakat dengan memberikan batasan jam kegiatan lebih manusiawi, insyaAllah lebih bijaksana dan humanis dalam memerangi secara bersama-sama serta bersatu padu Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), termasuk varian baru sekalipun.

    Bahkan tidak berlebihan. juga lebih hebat dari sekedar program bantuan sosial hanya untuk tambak sulam menutupi potret kehidupan terpapar Covid-19 dan ekonomi secara bersamaan.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan