Kamis, 28 Maret 2024
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaRespon 'Surabaya Memanggil' Luar Biasa, Bantuan Penanganan C19 Mengalir

    Respon ‘Surabaya Memanggil’ Luar Biasa, Bantuan Penanganan C19 Mengalir

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Berbagai stakeholder dan elemen masyarakat merespon gerakan “Surabaya Memanggil”. Selain menjadi relawan, banyak pula yang menjawabnya dengan memberikan bantuan penanganan Covid-19 di Kota Pahlawan.

    Partisipasi masyarakat itu terlihat di Balai Kota Surabaya, Rabu (21/7/2021). Mereka berbondong memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota Surabaya dalam menangani pandemi Covid-19 (C19).

    Bantuan yang diterima langsung Wali Kota Eri Cahyadi, di antaranya berasal dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Surabaya yang memberikan 1.000 baju hazmat, 1.000 kantong jenazah, 1.000 sarung tangan, 7.500 masker medis, dan 250 buah face shield, serta 100 liter hand sanitizer.

    Yayasan Paliatif Surabaya menyerahkan bantuan berupa 720 kotak masker medis, 400 buah sarung bantal, 400 buah sprei, 200 buah bantal, 140 kotak nurse cap, dan 40 dus air mineral ukuran 600ml.

    PT Kalbe Farma turut memberikan bantuan berupa 1.000 kotak vitamin, 50 liter hand sanitizer, dan 200 botol hand sanitizer semprot.

    PT Pompa Dex Indoguna memberikan 37.200 masker. Lalu, McDonald’s juga menyumbangkan 44.000 masker. Kemensos menyumbang 30 bed, dan PT Jawa Pos bersama Yayasan Pelangi Hidup Bersama (YPHB) juga memberikan bantuan berupa 10 ton beras, 4 ton telur ayam, dan 200 liter hand sanitizer.

    Baca juga :  Peringatan HUT ke-20 Tagana, Pj. Gubernur Adhy: Mereka Garda Terdepan Penanggulangan Bencana

    Eri mengatakan, bantuan yang diberikan akan sangat bermanfaat untuk meringankan beban pemkot dan masyarakat Surabaya dalam menghadapi pandemi ini. Ia yakin, kehadiran dan dukungan dari berbagai stakeholder kepada pemkot sangat berharga untuk membantu menangani pandemi C19 di Kota Pahlawan.

    “Bantuan dari teman-teman semuanya, Insya Allah sangat berarti, dan ini akan sangat membantu penanganan pandemi Covid-19 di Kota Surabaya. Bantuan ini akan kita salurkan ke tenaga medis, relawan, dan warga Surabaya yang terdampak,” katanya seraya menyampaikan terima kasih.

    Ia mengaku sangat bangga kepada warga Surabaya yang hingga saat ini masih terus berjuang melawan pandemi C19 secara gotong-royong. Menurutnya, bantuan yang diberikan oleh warga Surabaya tidak selalu secara langsung diserahkan ke pemkot.

    Ia mencontohkan, banyak warga yang memberikan bantuan berupa makanan gratis. Bantuan tersebut diberikan langsung ke tempat-tempat atau RW yang warganya sedang isolasi mandiri.

    “Dari lubuk hati yang paling dalam, saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh warga Surabaya. Saya yakin, dengan doa dan gotong royong warga Surabaya, ini dapat segera menghentikan penyebaran Covid-19 di Kota Surabaya,” ujarnya.

    Baca juga :  Khofifah Sayangkan Banyaknya Hoax Gempa Tuban

    Sementara itu, Ketua KADIN Surabaya Muhammad Ali Affandi mengatakan, KADIN akan mendukung Pemkot Surabaya dalam menanggulangi pandemi C19.

    Menurutnya, meskipun bantuan yang mereka berikan tidak seberapa dibandingkan perjuangan tenaga kesehatan dan warga Surabaya di masa pandemi ini. Namun, ia berharap dengan bergotong-royong, Surabaya diyakini bisa menangani pandemi Covid-19.

    “Apresiasi setinggi-tingginya kepada Wali Kota, seluruh jajaran di lini terdepan, warga Surabaya,  dan tenaga kesehatan. Ini ada bantuan sedikit, tidak sebanding dengan apa yang mereka sudah perjuangkan. Ini untuk menjawab dan merespon panggilan yang disampaikan Pak Wali Kota melalui Surabaya memanggil,” kata Ali.

    Pengurus Yayasan Paliatif Kota Surabaya Edwin Hendriadi yang turut memberikan bantuan pada saat itu mengungkapkan, bahwa ini merupakan bantuan yang kedua kalinya diberikan ke Pemkot Surabaya. Sebelumnya, mereka telah memberikan bantuan saat awal masa pandemi.

    “Kita berharap ekonomi bisa bergerak kembali dan yang terpenting adalah masyarakat Surabaya bisa selalu sehat,” ungkapnya.

    Baca juga :  Ratusan Kyai Rekomendasikan Khofifah-Emil Maju Lagi di Pilgub Jatim

    Tidak hanya itu, Area Activation Surabaya PT Kalbe Farma Wawan Sulistyo mengatakan,  bantuan yang diberikan merupakan bantuan untuk penanganan dan pencegahan Covid-19. Ia berharap melalui bantuan tersebut dapat membantu warga Surabaya yang terkonfirmasi positif Covid-19 agar segera sembuh.

    “Di sini Kalbe Farma terketuk untuk memberikan bantuan aksi peduli dalam penanganan Covid-19. Semoga dapat membantu warga Surabaya yang positif Covid-19 agar segera pulih,” katanya.

    Sedangkan Direktur PT Jawa Pos Koran Leak Kustiyo menjelaskan, sejak awal pandemi C19, PT Jawa Pos dan YPHB tergerak untuk membantu Pemkot Surabaya. Bantuan yang diberikan merupakan hasil penggalangan bantuan dari rekan-rekan pengusaha yang diwujudkan dalam bentuk beras, telur, dan hand sanitizer.

    Dia mengungkapkan, meski pun bantuan yang diberikan tidak besar, namun ia berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat Surabaya yang paling terdampak pandemi C19.

    Karena itu, ia juga mengajak rekan-rekan pengusaha lainnya untuk turut memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak C19.

    “Semoga kami bisa terus memberikan sumbangsih kepada masyarakat Surabaya dalam bentuk apa yang mereka butuhkan,” ujarnya. ***

    Editor : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan