Selasa, 3 Agustus 2021
30 C
Surabaya
More
    OpiniTajukDoa Bersama 1 Jam Setiap Hari, Dukung PPKM Darurat

    Doa Bersama 1 Jam Setiap Hari, Dukung PPKM Darurat

    Oleh : Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

     

    Salah satu terobosan sekaligus gebrakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dalam memberikan dukungan sekaligus penguatan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 dengan menerbitkan Surat Keputusan dan doa bersama.

    Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Nomor 188/379/KPTS/013/2021 tertanggal 2 Juli 2021 tentang PPKM Darurat Covid-19 di Jatim, menjadi stempel bahwa Jatim sangat serius melaksanakan dengan sungguh-sungguh.

    Salah satu dukungan dan penguatan pelaksanaan PPKM Darurat, supaya berjalan lancar dan mampu menekan kenaikan secara signifikan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dengan melakukan doa bersama setiap hari pada pukul 10:00 hingga 11:00 mulai Sabtu (3/7/2021) hingga Selasa (20 Juli 2021) nanti.

    Kekuatan doa bersama untuk pelaksaan PPKM Darurat, sangat dahsyat dalam upaya menyeimbangkan masyarakat dalam melawan secara bersama-sama Covid-19, juga memberi semangat dan menjaga semangat petugas tenaga kesehatan (nakes) dan petugas lain serta tim gabungan dalam melaksanakan patroli.

    Baca juga :  Semangat Kibarkan Merah Putih, Semangat Kalahkan Covid-19

    Tetapi doa bersama juga sangat bermanfaat, bagi masyarakat pelaku usaha terutama UMKM, karena dengan PPKM Darurat akan menerima dampak secara langsung. InsyaAllah dengan doa bersama untuk kemaslahatan semua warga, maka akan membuat suasana tenteram, nyaman dan aman.

    Doa bersama juga menjadi perisai sangat ampuh, dalam menjaga kekuatan masyarakat selama mematuhi PPKM Darurat dengan kesadaran, ketertiban, dan disiplin tinggi.

    Kekuatan doa sebagai firman Allah pada surat Al-Baqarah (ayat 186), “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”.

    Baca juga :  Merah Putih Berkibar, Indonesia Raya Bergetar, di Olimpiade Tokyo

    Doa menjadi kekuatan umat Islam dan dalam setiap detak setiap insan sebagai ibadah. Bahkan hadits riwayat Tirmidzi no. 3479 menegaskan,
    “Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai”.

    Tentu saja semua berharap doa bersama bukan karena simbolis, tetapi karena kesadaran dan keikhlasan untuk membantu memutus mata rantai Covid-19, sekaligus tetap menjaga semangat masyarakat selalu bangkit dalam keadaan apapun.

    Oleh karena itu, PPKM Darurat dengan doa bersama dan semua ikhlas menjalankan dengan niat baik, insyaAllah akan membuahkan hasil maksimal. Sebagaimana firman Allah pada surat An-Nahl (ayat 128), “Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan”.

    Baca juga :  Ketua Golkar Jatim “Menggugat”

    Semoga niat baik dengan berdoa bersama dan menjalan PPKM Darurat dengan sungguh-sungguh, akan melahirkan situasi dan kondisi lebih baik dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.

    Tidak berlebihan, jika dengan sungguh-sungguh menjalan PPKM Darurat dengan niat baik, maka sesuai dengan Sabda Nabi Muhammad SAW, “Sesunggunya amal (berbuatan) itu tergantung dari niatnya”. Oleh karenanya, jika semua berjalan karena kesadaran, keikhlasan, dan niat baik, insyaAllah akan mendapat balasan setimpal atau bahkan lebih dari harapan kita semua. Semoga!

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Editor's Choice

    Jangan Lewatkan