Selasa, 3 Agustus 2021
29 C
Surabaya
More
    OpiniTajukAwas! Amuk Corona di Mana-Mana

    Awas! Amuk Corona di Mana-Mana

    Oleh : Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

     

    Kasus Covid-19 di Daerah Dingin dan Wisata Bandung, Batu, dan Malang, Terus Meningkat

    Amuk Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) kini menyasar daerah dingin dan wisata Bandung, Batu, dan Malang.

    Penyebaran di daerah dingin dan wisata ini, mengingatkan kepada masyarakat supaya tetap berhati-hati dan menjaga protokol kesehatan (Prokes), terutama memakai masker.

    Di Bandung, istri Wali Kota Bandung, Siti Muntamah atau yang akrab disapa Ummi Oded terkonfirmasi positif Covid-19

    Minggu (27/6/2021),
    Wali Kota Bandung Oded M Danial, mengatakan bahwa
    Ummi (sapaan akrab Siti Muntamah) ketika kemarin melakukan swab PCR dinyatakan positif. Sang putri Siti Fatimah dan Qonita yang masih bersekolah dan menantunya Thyazen Al Hakimi, juga positif.

    Perlu ketahui pusat data dan informasi Covid-19 Kota Bandung melansir hingga Sabtu kemarin kasus positif Covid-19 kumulatif mencapai 23.359 dengan kasus harian mencapai 260. Sedangkan kasus positif Covid-19 aktif mencapai 2.246 bertambah 119 dari kasus sebelumnya. Pasien yang sembuh sebanyak 20.697 bertambah 106 dari hari sebelumnya.

    Baca juga :  Semangat Kibarkan Merah Putih, Semangat Kalahkan Covid-19

    Sedangkan yang meninggal dunia sebanyak 416 orang atau bertambah 35 orang dari hari sebelumnya.

    10 kecamatan penyumbang kasus positif Covid-19 aktif yaitu Rancasari 156 kasus, Bojongloa Kaler 145 kasus, Antapani 140 kasus, Babakan Ciparay 139 kasus, Batununggal 131 kasus. Cibeunying Kidul 123 kasus, Coblong 110 kasus, Arcamanik 102 kasus, Bandung Kulon 98 kasus dan Cibiru 94 kasus.

    Sementara itu,
    di Kota Batu kasus terinfeksi Covid-19, terus bertambah. Usai kepala OPD terkonfirmasi positif, kini sejumlah pegawai OPD juga mengalami hal serupa.

    Tercatat, sebanyak 31 tenaga kesehatan (nakes) di Kota Batu dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19.

    Minggu (27/6/2021) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu Onny Ardianto menjelaskan, nakes yang terkonfirmasi postitif berasal dari Dinas Kesehatan Kota Batu, Puskesmas, maupun rumah sakit. Mereka
    tertular dari klaster keluarga dan perkantoran.

    Baca juga :  Merah Putih Berkibar, Indonesia Raya Bergetar, di Olimpiade Tokyo

    Pelacakan dilakukan terhadap orang-orang yang memiliki kontak erat. Dan
    berdasar pada Surat Edaran Wali Kota, Kota Batu tidak menerapkan sistem lockdown di perkantoran.

    Melainkan menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH) 50 persen dan sisanya masuk kantor.

    Sedangkan di wilayah Malang, selama dua pekan terakhir terus bertambah. Hal itu menyebabkan salah satu rumah sakit rujukan utama penanganan Covid-19, Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang menambah kapasitas tempat tidur atau bed untuk ruang perawatan pasien Covid-19.

    Minggu (27/6/2021) Kepala Bagian Humas RSSA Malang Donny Iryan mengungkapkan, untuk Bed Occupancy Rate (BOR) pasien Covid-19 di RSSA pada 1-20 Juni 2021 rata-rata mengalami kenaikan 30 hingga 40 persen.

    RSSA berharap, masyarakat menjaga protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas. Sebab, bukan hanya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, namun jenazah pasien Covid-19 yang ditangani oleh instalasi forensik RSSA juga bertambah selama dua pekan terakhir.

    Baca juga :  Ketua Golkar Jatim “Menggugat”

    Pada 1-14 Juni, instalasi forensik mentatalaksanakan 32 jenazah Covid-19, dan pada tanggal 14-23 Juni ada 40 jenazah yang ditangani. Ini membuktikan bahwa dua minggu terakhir ini naik dua kali lipat.

    Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyebut, saat ini masih banyak masyarakat yang tidak percaya Covid-19. Hal ini, menjadi salah satu penyebab kembali tingginya kasus Covid-19 di Jawa Barat.

    Sekali lagi daerah dingin dan wisata terserang Covid-19, maka masyarakat wajib waspada.

    Awas! Bahaya virus Corona di mana-mana. Apalagi Bandung, Batu, dan Malang daerah dingin tempat wisata masyarakat melepas lelah. Jangan lengah, jangan menyerah, jangan lupa menjaga kesehatan dan memupuk kebersamaan melawan Covid-19 varian lama dan varian baru.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Editor's Choice

    Jangan Lewatkan