Sabtu, 31 Juli 2021
34 C
Surabaya
More
    OpiniTajukBantu PPKM Mikro, Maspion Grup Jaga Prinsip Gotong Royong

    Bantu PPKM Mikro, Maspion Grup Jaga Prinsip Gotong Royong

    Oleh : Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

     

    Maspion Grup mampu menenun kekayaan budaya Indonesia dengan menjaga prinsip gotong royong. Sejarah menjaga perwujudan
    nilai-nilai Pancasila dan jiwa serta semangat masyarakat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

    Bahkan, falsafah Jawa memaknai gotong royong ini dengan kalimat sarkas “Mangan gak mangan sing penting kumpul (makan tidak makan yang penting bisa bersatu atau berkumpul)”. Sebagai sebuah kritik sosial bahwa dengan berkumpul, bersatu, dan bersama-sama dalam gotong royong, hal itu lebih berarti daripada kebutuhan makan.

    Diketahui, Indonesia merupakan negara berkembang yang sangat kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia.

    Kemajemukan masyarakat Indonesia dapat dilihat dari adanya berbagai suku, ras, budaya, adat istiadat dan berbagai agama yang dianut. Untuk itulah Indonesia patut menyadari perlunya hidup dalam budaya kebersamaan dan saling bantu membantu atau gotong royong.

    Baca juga :  Pandemi Covid-19 Marah dan Parah, Umat Bacakan Doa Shalawat Burdah

    Sabtu (26/6/2021), memperkuat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berskala Mikro (PPKM Mikro) di Bangkalan —salah satu wilayah zona merah— karena terdeteksi varian baru virus delta dari India B. 1.716.2, mendapat bantuan dari Maspion Group berupa 20 ton beras, 10.000 masker, dan sejumlah logistik lainnya.

    Bantuan tersebut diserahkan kepada Pemerintah Kab. Bangkalan melalui Kalaksa BPBD Kabupaten Bangkalan. Ikut menyaksikan penyerahan sekaligus melepas bantuan tersebut Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak yang dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi, Jumat (25/6/2021) siang.

    Wagub Emil yang hadir mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa itu mengatakan, suplai sembako dan perlengkapan kesehatan dipandang penting untuk terciptanya rasa aman. Termasuk untuk kesejahteraan masyarakat yang sedang menjalani pembatasan sosial.

    Baca juga :  Ketua Golkar Jatim “Menggugat”

    Bantuan juga diserahkan kepada Polda Jatim, Kodam V Brawijaya, dan Pemprov Jatim yang dalam hal ini akan disupport oleh Dinsos serta Satpol PP dan BPBD.

    Penyerahan bantuan juga diberikan dari beberapa perusahaan di Jatim, sebagai dukungan agar masa pandemi Covid-19 dapat dikendalikan dan ditangani dengan sebaik mungkin.

    Memutus mata rantai Covid-19, mengendalikan dan menangani dengan terdeteksinya varian baru virus B. 1.716. 2, memang tidak mudah. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta daerah melaksanakan PPKM Mikro dengan sungguh-sungguh.

    Salah satu dukungan terhadap pelaksanaan PPKM Mikro, ialah “kehadiran pengusaha” seperti Maspion Grup memberikan bantuan kepada Pemkab Bangkalan. Tentu saja tidak hanya Maspion Grup, tetapi pengusaha lain juga dengan kesadaran dan sungguh-sungguh melakukan langkah yang sama.

    Baca juga :  Penguatan Kekebalan Masyarakat Relawan PMI Jatim Lakukan Penyemprotan Disinfektan

    Sebagai penguatan budaya Indonesia sejak zaman dulu kala, gotong royong, maka dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara sangat membutuhkan sumbangsih pengusaha dalam sumbangan nyata. Itulah prinsip gotong royong dalam relung kehidupan bangsa Indonesia.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Editor's Choice

    Jangan Lewatkan