Sabtu, 31 Juli 2021
24 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaCamat dan Lurah Berlomba-lomba 'Ngantor' di Balai RW

    Camat dan Lurah Berlomba-lomba ‘Ngantor’ di Balai RW

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Camat dan Lurah di Surabaya ramai-ramai berkantor di Balai RW-RT. Ini bentuk inovasi untuk meningkatkan mutu pelayanan publik dan mengakomodasi kebutuhan masyarakat.

    Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kota Surabaya, Achmad Zaini mengatakan, bahwa program berkantor di Balai RW dan RT yang dilakukan oleh Camat dan Lurah di Kota Surabaya ini terinspirasi dari apa yang sudah dilakukan Wali Kota Eri dengan berkantor di Kelurahan.

    “Kalau wali kota sudah bekerja di kelurahan, ini bapak ibu camat dan lurah sekarang mulai berkantor di RW bahkan di RT,” kata Zaini di ruang kerjanya, Selasa, (15/6/2021).

    Demi menarik minat masyarakat, Camat dan Lurah berlomba-lomba menunjukan kreatifitasnya dengan memberikan sebutan program pelayanan yang unik. Salah satunya seperti yang dilakukan Kelurahan Made, mereka menamai programnya “Sambel Wak Mad” yang merupakan singkatan dari Sambang Bengi Layani Warga Kelurahan Made.

    Baca juga :  Besok Ada Vaksinasi Massal di Gelora Pancasila dan Lapangan Thor

    Tak mau kalah, Kelurahan Bendul Merisi menamakan program mereka “Sambel Terasi” yang merupakan singkatan dari Sambang Bengi Layanan Terpadu Bendul Merisi. Sementara Kecamatan Mulyorejo, menamai programnya dengan Camat Ngantor Nang Kampung atau disingkat “Capung”.

    Menurut Zaini, sebutan program pelayanan publik yang diusung oleh para Camat dan Lurah ini merupakan hasil dari kreatifitas kecamatan dan kelurahan itu sendiri. Seperti misalnya Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Lurah Wonorejo membuat istilah Simmas (Siap Melayani Masyarakat Sore Hari) dan masih banyak lagi.

    Tidak hanya memiliki sebutan yang unik, Zaini menjelaskan, bahwa pada praktiknya masyarakat dapat mengakses berbagai pelayanan kependudukan yang ada di kelurahan.

    Seperti Kelurahan Made yang melayani pengambilan E-KTP, KIA (Kartu Identitas Anak), Pelayanan Kependudukan, Pelayanan Surat Domisili Usaha, Pelayanan Informasi dan Konseling.

    Baca juga :  Gubernur Khofifah Minta Bupati/Wali Kota Segera Cairkan Dana Insentif Nakes

    “Macam-macam, ada pembagian KIA, pembagian E-KTP, pembayaran PBB, pendataan pernikahan, dan masih banyak lagi,” jelasnya.

    Zaini menyatakan, bahwa program berkantor di Balai RW ini digelar pada sore hingga malam hari. H

    Seperti Gebyar Pelayanan Serentak di Kecamatan Sambikerep yang berlangsung di Balai RW 07 Kelurahan Sambiroto, Kecamatan Sambikerep, dimulai pukul 18.00 – 20.30 WIB.

    Sementara itu, Siap Untuk Gerakan Ngantor Dalu “Sugeng Dalu” merupakan program dari Kecamatan Dukuh Pakis akan dilaksanakan pada Selasa, 15 Juni 2021, pukul 19.00 hingga 21.00 WIB di Balai RW 01, Kelurahan Dukuh Pakis, Kecamatan Dukuh Pakis. ***

    Reporter :
    Penulis :
    Editor : Wetly Aljufri
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Editor's Choice

    Jangan Lewatkan