Selasa, 3 Agustus 2021
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurPasuruanHindari Kerumunan, PP Ikatan Alumni Santri Sidogiri Minta Warga Tak Datang Di...

    Hindari Kerumunan, PP Ikatan Alumni Santri Sidogiri Minta Warga Tak Datang Di Ponpes Sidogiri

    Wafatnya KH A Nawawi Abd Djalil, Sidogiri

    PASURUAN (Warta Transparansi.com) – Wafatnya KH A. Nawawi Abdul Jalil pada Minggu sore (13/6/2021) sekitar pukul 16:40 Wib di RSUD Raci-Bangil, membuat masyarakat Pasuruan dan nadhliyin berkabung dan ingin memberikan penghormatan terakhir pada sang Kyai.

    Mendapati dan mengantisipasi membludaknya warga yang ingin bertakziah, memberikan penghormatan terakhir dan ikut mengantar ke peristirahatan terakhir di sekitaran Ponpes Sidogiri.

    Untuk mencegah terjadinya kerumunan warga dimasa pandemi covid-19, pihak Pengurus Ikatan Alumni Ponpes Sidogiri mengeluarkan surat edaran atau pemberitahuan yang ditandatangani secara langsung oleh Ketua Ikatan Alumni Santri Ponpes  H.Ahmad Sa’adullah Abdul Alim.

    Dalam surat yang bernomor : 078/IASS.800/Pbt/XI.1442 tertanggal 13 Juni 2021 menjelaskan bahwa pada intinya meminta pada seluruh alumni santri Ponpes Sidogiri, santri /wali santri, simpatisan (warga masyarakat) untuk tidak datang ke Ponpes Sidogiri dan melakukan sholat ghoib di tempat masing-masing.

    Baca juga :  Tolak Isoter, Wali Murid SMPN 2 Bangil Ajukan Audensi Ke DPRD Kab.Pasuruan

    Hal ini disampaikan lantaran menjaga dan meminimalisir terjadinya kerumunan di masa pandemi covid-19 serta menjaga terjadinya cluster baru covid-19.

    Sementara itu dari sejumlah informasi yang berhasil di dapat Warta Transparansi.com di sekitaran Ndalem Ponpes Sidogiri, jenasah Al -Maghfirulloh Al-Ustad KH.Nawawi Abdul Jalil dimakamkan di pemakaman keluarga pada Senin(14/6/2021) sekitar pukul 12:00 Wib atau Ba’da sholat Dhuhur.

    Pada pantuan media ini di lokasi Ndalem KH.Nawawi dan sekitaran Ponpes Sidogiri, telah dijaga ketat oleh petugas dari TNI-Polri, Satpol PP serta Banser. Dapat dipastikan esok hari Forkopimprov Jatim (Gubernur, Pandam V/Brawijaya, Kapolda Jatim), sejumlah menteri, para kyai sepuh sejumlah ponpes, Forpimkab/kota Pasuruan dan pejabat pusat maupun daerah akan hadir ke Ponpes Sidogiri.

    Baca juga :  Bentuk Kekebalan Kelompok, Kejari Kab.Pasuruan Vaksin 700 Warga

    Kiai Nawawi Abdul Jalil memimpin Pondok Pesantren Sidogiri sejak tahun 2005. Ia menggantikan pengasuh sebelumnya KH Abdul Alim bin KH Abdul Jalil yang wafat pada 2005.

    Didirikan pada 1745 M oleh Sayyid Sulaiman bin Abdurrahman Basyaiban, Pesantren Sidogiri adalaj salah satu pesantren tertua. Sayyid Sulaiman wafat pada 1766 M. Ia adalah keturunan keempat Syekh Syarif Hidayatullah yang masyhur dikenal dengan Sunan Gunung Jati.

    Selain mengasuh pesantren, Kiai Nawawi aktif di Nahdlatul Ulama. Saat ini menjabat Mustasyar PBNU. Pada Muktamar ke-33 NU pada 2015 di Jombang, Kiai Nawawi masuk sebagai salah satu anggota Ahlul Halli Wal-Aqdi (AHWA) untuk memilih Rais. (*)

    Reporter : Henry Sulfianto
    Penulis :
    Editor : Amin Istighfarin
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Editor's Choice

    Jangan Lewatkan