Selasa, 22 Juni 2021
27 C
Surabaya
More
    NasionalKebebasan Berpendapat Sangat Memprihatinkan, Tantangan bagi Insan Pers

    Kebebasan Berpendapat Sangat Memprihatinkan, Tantangan bagi Insan Pers

    Penyegaran dan Pelatihan Ahli Pers Dewan Pers 2021

    SOLO (WartaTransparansi.com) – Kebebasan mengeluarkan berpendapat, berbicara dan menyampaikan aspirasi pada dewasa ini sangat memprihatinkan dan mengkhawatirkan.

    “Kenapa? Tantangan
    kita kedepan beradu dengan para penggiat media sosial. Mengingat sekarang setiap orang bisa menjadi wartawan dan menyebarluaskan informasi setiap saat,” kata Ketua MPR Bambang Soestyo, Jumat malam (11/6/2021).

    Menyampaikan materi melalui virtual zoom pada Penyegaran dan Pelatihan Ahli Pers Dewan Pers tahun 2021, dengan tema “Kenapa Pers Perlu Dilindungi Negara”, di Monumen Pers Nasional, Solo, Jawa Tengah.

    Menurut dia, kondisi ini membuat 270 juta penduduk Indonesia bisa jadi wartawan dadakan. “Kalau berita itu benar bagus, bisa membantu menyebarkan informasi bermanfaat ke masyarakat. Tetapi kalau hoax dan rekayasa sangat membahayakan. Inilah hal yang sangat memprihatinkan dan meresakan,” tandas Bambang.

    Baca juga :  Covid-19 Melonjak Lagi, Peran Puskesmas Diperkuat, Menaker Ingatkan Perusahaan

    Mengenai isu pembubaran Dewan Pers dan sejumlah lembaga non-struktural, menurut Bambang, justru MPR dan pemerintah dalam hal ini negara menginginkan supaya Dewan Pers lebih kuat, agar mampu meningkatkan literasi dan pemahaman soal pers kepada masyarakat.

    Demikian juga soal kriminalisasi insan pers, sebaiknya penegak hukum sudah mampu memilah-milah. “Kita harapkan penegak hukum tidak ada lagi upaya kriminalisasi pers,” tandasnya.

    Mengenai beberapa hal terkait pasal kurang mendukung kebebasan pers pada UU ITE, Bambang menegaskan, sebaiknya memang untuk mendukung segera dilakukan revisi atas UU ITE yang seharusnya hanya mengatur soal penggunaan teknologi informasi. (JT)

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan